Cokelat, Asupan Nikmat dan Sehat Bagi Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Saat seorang wanita mendapatkan kehamilan, Ia pun akan diselimuti oleh rasa bahagia karena akan mendapatkan keturunan. Namun, rasa bahagia ini juga akan diiringi dengan rasa waspada karena kehamilan akan membuat ibu hamil mendapati berbagai perubahan baik itu pada fisiknya, atau bahkan dalam gaya hidupnya sehari-hari. Ya, ibu hamil tentu kini harus lebih baik dalam menjaga kondisi kesehatannya demi menjaga kesehatan kandungan hingga masa persalinan tiba. Selain menjaga dengan baik aktifitas sehari-hari, pola makan juga harus menjadi perhatian lebih bagi ibu hamil.

doktersehat-gula-manis-cokelat-food-craving

Sebuah penelitian yang dilansir oleh laman berita Daily Mail, yakni penelitian yang dilakukan oleh Universite Laval yang berasal dari Quebec, Kanada, menyebutkan jika ibu hamil ternyata sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang menjadi favorit bagi banyak orang, khususnya kaum hawa, yakni cokelat. Pakar kesehatan yang terlibat pada penelitian ini menyebutkan jika cokelat akan memberikan dampak kesehatan baik itu bagi sang ibu dan juga bagi janinnya. Cokelat diyakini memiliki kandungan baik berupa flavanol yang sangat tinggi. Flavanol sendiri akan membantu pertumbuhan pada janin dan plasenta dan menurunkan resiko terkena salah satu masalah kehamilan yang disebut sebagai preeklampsia.

Penelitian ini sendiri dilakukan pada 129 ibu hamil dengan usia kandungan 11-14 minggu. Para ibu hamil ini dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok mengkonsumsi cokelat dengan kandungan flavanol tinggi, dan kelompok lain yang mengkonsumsi cokelat dengan kandungan flavanol rendah, selama 12 minggu. Ibu diminta untuk mengkonsumsi cokelat sebanyak 30 gram setiap hari hingga proses pesalinan tiba. Hasilnya adalah, mereka yang banyak mengkonsumsi cokelat yang kaya kandungan flavanol memiliki perkembangan janin dan plasenta yang cenderung lebih baik.

Baca Juga:  Postmatur Bila Bayi Terlambat Lahir

Salah satu pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, dr. Emmanuel Bujold, menyebutkan jika fakta-fakta ini membuat ibu hamil sangat disarankan sering-sering mengkonsumsi cokelat yang tinggi flavanol. Hal ini tentu akan sangat mudah dilakukan bagi ibu hamil karena cokelat tentu akan sangat menyenangkan untuk dikonsumsi secara rutin.