Cobalah Melakukan Hal Ini Selama 30 Menit Selesai Berolahraga

DokterSehat.Com – Berolahraga memang akan membuat tubuh kita mengeluarkan banyak keringat adan bahkan cenderung akan membuat beberapa otot menjadi terasa sakit. Hal ini membuat banyak orang yang langsung ingin segera beristirahat setelah menyelesaikan olahraga. Pakar kesehatan menyebutkan jika 30 menit usai melakukan aktivitas fisik ternyata adalah saat yang penting untuk membuat olahraga kita berdampak maksimal bagi tubuh. Lantas, apa yang harus kita lakukan selama 30 menit selesai berolahraga demi mendapatkannya?

doktersehat-setelah-olahraga-pendinginan-stretching-peregangan-otot

Peregangan
Meskipun sudah sangat lelah berolahraga, cobalah untuk melakukan peregangan pada 10 menit pertama usai melakukan olahraga. Otot-otot pada tubuh cenderung masih hangat setelah melakukan aktivitas fisik yang cenderung intens dan membutuhkan setidaknya 30 hingga 40 menit untuk mendingin kembali dan lebih lemas. Dengan melakukan peregangan setelah berolahraga, maka kita pun akan mencegah munculnya cedera dengan lebih baik.

Ganti Pakaian dan Segera Mandi
Setelah 10 menit pendinginan, biasanya keringat kita juga akan cenderung lebih kering. Segeralah mandi dan ganti semua pakaian, termasuk diantaranya adalah pakaian dalam karena biasanya sudah sangat basah karena keringat. Jika kita tetap nekat memakai pakaian ini, maka dikhawatirkan ada bagian kulit yang sangat lembab dan berpotensi dijadikan area untuk berkembang biak jamur, kuman, hingga bakteri yang bisa memicu infeksi pada kulit. Andaipun kita tidak mandi, kita bisa mengelap tubuh dengan handuk basah dengan merata.

Makan
Setelah mandi atau berganti pakaian yang biasanya juga memakan waktu 10 menit, maka pada 10 menit berikutnya kita sebaiknya mulai mengisi perut. Hanya saja, ingatlah bahwa kita tidak bisa sembarangan mengisi perut setelah berolahraga. Ada baiknya kita menyantap makanan dengan kadar kalori 300 hingga 400 kalori agar berat badan kita tetap terjaga dalam kondisi yang ideal.