Cobalah Hal Ini Untuk Mengatasi Kulit Kapalan

DokterSehat.Com – Kegiatan sehari-hari yang dilakukan wanita layaknya mencuci piring bisa membuat telapak tangan kapalan. Hal ini tentu akan membuat kita merasa kurang nyaman dengan telapak tangan yang kasar dan juga cenderung kurang percaya diri jika berjabat tangan dengan orang lain. Kapalan bisa terjadi pada tangan maupun kaki dan jika dibiarkan, kapalan ini bisa saja menebal dan membuat rasa tidak nyaman. Apakah ada cara yang bisa kita lakukan agar kapalan ini bisa diatasi?

doktersehat-tangan-kapalan

Merendamnya Dengan Air Hangat
Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kapalan adalah dengan merendamnya dengan air hangat. Bagian tubuh yang sering terkena kapalan layaknya tangan, kaki, atau bahkan siku bisa direndam dengan air hangat hingga kulit menjadi lebih lembut. Setelah itu, gunakanlah batu apung untuk menggosok telapak tangan, telapak kaki, hingga siku untuk menghilangan kulit yang kasar karena kapalan ini. Awas, gosok bagian kulit yang terkena kapalan ini dengan hati-hati karena jika kita melakukannya terlalu kasar, dikhawatirkan justru akan membuat kita terkena masalah lecet-lecet. Setelah kulit yang kasar ini terkelupas, bilaslah kulit dengan air mengalir sehingga hanya akan tersisa kulit yang lembut saja. Setelah itu, keringkan dengan handuk yang lembut hingga bersih.

Memakai Lotion
Ada banyak jenis lotion yang bisa membuat kulit menjadi lebih lembut dan lebih lembat. Lotion ini bisa mengatasi masalah kapalan kita. Oleskal lotion ini pada kulit tangan atau kaki yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, jika perlu, bungkus telapak tangan atau kaki dengan sarung tangan atau kaus kaki sehingga lotion bisa benar-benar meresap dan melembabkan kulit dengan baik. Gunakan lotion ini setelah mandi sehingga kulit akan terjaga kelembabannya dan tidak akan mudah terkena kapalan kembali.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Paru-paru Perokok

Jaga Asupan Sayuran dan Buah-Buahan
Sayuran dan buah-buahan kaya akan nutrisi yang akan membuat kulit kita tetap sehat, lebih cantik, terjaga kelembabannya, dan lebih lembut.