Ciuman Ternyata Baik Bagi Kesehatan Gigi

DokterSehat.Com– Bagi mereka yang sudah memiliki pasangan dan sedang dimabuk cinta, maka salah satu ungkapan kasih sayang yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan ciuman. Meskipun kerap dianggap sebagai hal yang tabu, pakar kesehatan menyebutkan jika berciuman ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam hal kesehatan psikis misalnya, berciuman bisa membuat kita menurunkan stress sekaligus membuat jiwa menjadi lebih tenang, nyaman, dan berbahagia. Selain itu, ciuman ternyata juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut.

doktersehat-pasangan-cium

Adalah pakar kesehatan di bidang gigi estetis yang ada di Dental Parlor di kota New York, Amerika Serikat, bernama dr. Sivan Finkel yang mengungkapkan manfaat ciuman bagi kesehatan gigi. Menurut dr. Finkel, saat kita berciuman dengan orang yang tercinta, di dalam mulut akan terjadi peningkatan produksi air liur. Banyaknya air liur yang diproduksi ini bisa membuat kita menjaga keasaman di dalam mulut tetap seimbang sekaligus membunuh bakteri yang ada di dalam mulut. Sebagai informasi, dengan adanya air liur, maka mulut tidak akan menjadi lingkungan yang ideal bagi para bakteri untuk tinggal dan berkembang. Padahal, sebagaimana kita ketahui, bakteri ini bisa memecah karbohidrat dan makanan yang kita konsumsi dan mengubahnya menjadi asam yang merupakan penyebab dari masalah kesehatan layaknya gigi berlubang atau bahkan penyakit gusi.

Hanya saja, menurut dr. Finkel, berciuman ternyata juga bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan mengingat beberapa bakteri yang bisa menyebabkan kerusakan pada mulut juga bisa ditransfer melalui aktifitas tersebut. Karena alasan inilah, dr. Finkel menyarankan kita untuk tidak sembarangan dalam berciuman dan memastikan bahwa kita dan pasangan sudah menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik agar tidak mengalami masalah kesehatan.