Ciri Urine Penderita Penyakit Ginjal

DokterSehat.Com – Ciri urine penderita penyakit ginjal mungkin bagi sebagian orang terdengar asing dan belum mengetahuinya. Maka dari itu, kami akan membahasnya pada artikel kali ini. Untuk anda yang ingin tahu tentang Ciri Urine Penderita Penyakit Ginjal silahkan simak informasinya berikut ini :



Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit pembunuh terbesar di dunia. Penyakit ini bertanggung jawab atas meninggalnya jutaan orang di seluruh dunia. Memang sampai saat ini penyakit ginjal menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Oleh karena itu, kita harus selalu waspada terhadap penyakit ginjal ini. Seiring berjalannya waktu, penderita penyakit ginjal semakin bertambah dan sebagian besar dari mereka tidak mampu mengantisipasi akan datangnya penyakit ini karena kebanyakan penyakit ginjal datang tanpa gejala.

Sebenarnya, anda dapat mengetahui apabila anda sedang terkena penyakit ginjal. Banyak cara untuk mengetahuinya, contohnya kita dapat mengetahui penderita penyakit ginjal dari beberapa ciri yang ditunjukan penyakit ini seperti sering sakit pinggang dan masih banyak lagi. Selain dengan mengenali ciri-ciri tersebut, kini anda dapat mendeteksi penyakit ginjal dengan cara lain yaitu dengan mengenali ciri-ciri dari urine kita.

Bagaimana cara mengetahui penyakit ginjal lewat urine? Kita bisa mengetahui apabila kita terkena penyakit ginjal dengan cara tes urine. Tes urine saat ini diyakini sebagai tes yang sederhana dan dapat dipercaya asalkan tes ini dilakukan di laboratorium. Di labiratorium, pasien akan diperiksa  apakah ada eritrosit dan leukosit dalam urine, juga kreatinin atau kotoran yang bisa dikeluarkan oleh ginjal yang sehat.

Ciri-ciri urine yang ginjalnya bermasalah diantaranya bisa dilihat dari warnanya yang kemerah-merahan atau seperti coca cola. Hal itu disebabkan urine bercampur dengan darah yang disebabkan infkesi didalam ginjal. Selain itu, orang yang ginjalnya bermasalah akan mengeluarkan urine yang berbusa. Itu disebabkan karena ada kebocoran protein di dalam ginjal. Penderita penyakit ginjal juga akan mengeluarkan urine yang lebih sedikit dibanding orang yang ginjalnya sehat. Tapi, gejala-gejala seperti yang disebutkan tadi tidak berlaku pada gangguan ginjal tahap awal karena biasanya gangguan ginjal tahap awal tidak akan menimbulkan gejala apa-apa.