Ciri Daya Tahan Tubuh Sedang Melemah

DokterSehat.Com – Kala musim hujan seperti sekarang, tubuh cenderung lebih rentan terhadap ancaman penyakit. Beruntung, manusia memiliki sistem imun atau daya tahan sebagai tirai pertahanan pertama yang akan melawan mikroorganisme penyebab penyakit.



Tapi kondisi daya tahan setiap orang tentu berbeda. Apalagi, dengan lonjakan jumlah mikroorganisme di musim hujam seperti saat ini, sistem imun yang biasa mampu melawannya bisa saja menjadi kewalahan. Akibat sistem imun tak berhasil melawan mikroorganisme, tubuh pun bisa jatuh sakit.

Di saat sistem pertahanan tahan tubuh sedang melemah, disarankan untuk melakukan antisipasi agar kuman penyakit tidak berkembang. Untuk itu, penting sekali mengenali ciri-ciri daya tahan tubuh sedang melemah.

Berikut adalah beberapa tanda yang perlu dipahami sebagai isyarat melemahnya daya tahan tubuh :

  • Anda seringkali demam, bahkan melebihi 10 kali dalam setahun
  • Mengalami kerontokan rambut yang parah, sekaligus sering menderita nyeri tenggorokan dan pegal-pegal di bagian sendi.
  • Meski sudah cukup tidur, Anda tetap merasa lelah dan lemas saat terbangun.
  • Anda menderita herpes. Penyakit ini lebih banyak disebabkan dari dalam tubuh, karena tak bisa menghambat pertumbuhan virus penyebab herpes.
  • Seringkali mengalami pilek dan flu, kemudian berkembang dengan cepat menjadi sinusitis hingga bronkitis.

Jika Anda menemukan salah satu tanda di atas, maka Anda harus segera meningkatkan daya tahan tubuh, Moms. Caranya tentu dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi, memiliki waktu istirahat yang cukup, rutin olahraga serta menghindari gaya hidup yang tidak sehat. Apabila sistem imun baik, maka Anda juga bisa menjalani aktivitas dengan lebih baik bukan?