Ciri-ciri Penyakit TBC Kelenjar

DokterSehat.Com – Tahukah anda bahwa penyakit TBC tidak hanya menyerang paru-paru (TB paru), melainkan juga organ-organ lain dalam tubuh, seperti tulang, organ pencernaan, kelenjar getah bening (TBC kelenjar), bahkan menyerang otak.

10

TBC atau Penyakit Tuberculosa adalah penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosa, yang sering menjadi sasarannya adalah paru dan kelenjar getah bening, tentunya bagi kita semua harus lebih waspada dan encegah sejak dini virus penyebarannya agar kita bisa terhindar dari serangan dan tertularnya penyakit tbc kelenjar, dalam melakukan pencegahan dan pengobatan tentulah diperlukan wawasan dan pengetahuan mengenai cara alami mencegah serta mengobatinya selain itu untuk lebih membantu anda mungkin perlu melakukan analisa mengenai faktor penyebab contohnya lingkungan dan gaya hidup.

Penyebab

Penyebab penyakit TBC adalah diakibatkan adanya infeksi dari kuman (bakteri) yang bernama Mycobacterium tuberculosis dan biasanya menyerang kelenjar getah bening atau kelenjar tiroid. Selain itu bakteri penyebab TBC ini juga menyerang organ tubuh lainnya seperti , paru-paru, usus, ginjal, kandungan, tulang, bahkan bisa menyerang otak. Ciri Ciri Penyakit TBC Kelenjar adalah jenis penyakit yang mudah menular, media penularannya bisa melalui cairan di dalam saluran nafas yang keluar ketika penderita batuk atau bersin kemudian terhirup oleh orang lain yang berada di lingkungan sekitar penderita TBC tersebut.

Ciri-ciri penyakit tbc kelenjar :

  • Gejala awal yang terjadi adalah meningkatnya suhu badan/demam tinggi yang berkepanjangan.
  • Mengalami batuk yang gejalanya sering dan berulang-ulang sehingga tidak nyaman dan nafsu makan berkurang.
  • Munculnya benjolan-benjolan yang terjadi pada bagian yang mengalami gangguan kelenjar seperti leher, sela paha, serta ketiak.
  • Benjolan yang terjadi suatu saat akan mengelopak yang mengakibatkan hari demi hari kondisinya semakin memburuk dan merusak tubuh.
  • Setelah itu penderita akan mengalami pecahnya benjolan kelenjar yang terjadi pada bagian tertentu misalnya leher, benjolan yang pecah akan mengeluarkan cairan seperti nanah yang kotor.
  • Selain itu apabila tidak segera diobati, kelenjar getah bening akan mengalami Luka pada Scropulosderma yang penyembuhannya akan sangat lama, selain itu bila sembuhpun akan terlihat buruk. Tepi luka abscess Scropuloderma biasanya tidak rata, tidak mengeluarkan bau, dan tepinya agak cekung ke dalam.