Ciri-Ciri Orang Rendah Diri dan Tips Mengatasinya

DokterSehat.com – Dalam lingkungan pergaulan, kerap kali kita temukan orang-orang yang selalu merasa rendah diri. Biasanya orang yang memiliki sikap rendah diri akan menganggap bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan yang berarti.



Rendah diri merupakan perasaan yang kurang menghargai diri sendiri akibat ketidakmampuan psikologis, sosial, ataupun kondisi jasmani yang kurang sempurna. Munculnya perasaan rendah diri bisa disebabkan dua faktor, yaitu:

1. Faktor Intern

Rendah diri bisa muncul akibat beberapa hal yang ada pada dirinya sendiri, misalnya kelemahan menguasai materi belajar, adanya cacat tubuh, atau susah berkomunikasi.

2. Faktor Ekstern

Lingkungan sekitar kita juga dapat mempengaruhi terbentuknya sikap rendah diri. Faktor ekonomi keluarga yang lemah, perceraian orangtua, dan lingkungan keluarga yang tidak harmonis bisa memicu munculnya sikap rendah diri pada seseorang.

Ciri-Ciri Orang Rendah Diri

Perasaan rendah diri secara tidak langsung dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Sikap rendah diri seseorang sebenarnya dapat merugikan dirinya sendiri. Berikut ini tingkah laku yang kerap ditunjukkan seseorang yang selalu merendahkan dirinya sendiri:

1. Lebih senang menyendiri dan tidak suka bergaul. Seseorang yang merasa memiliki banyak kelemahan dan ketidakmampuan yang berarti biasanya akan menarik diri dari pergaulan.

2. Ragu dalam bertindak. Seseorang yang merasa tidak memiliki kemampuan yang berarti akan selalu ragu dalam bertindak. Kondisi seperti ini tentu saja dapat merugikan diri sendiri.

3. Seseorang yang tidak yakin akan kemampuan yang dimilikinya akan selalu menghindar bila berada dalam kondisi yang berhubungan dengan kompetisi, misalnya lomba mengarang cerita, lomba cerdas cermat, atau lomba menggambar.

Cara Mengatasi Perasaan Rendah Diri

Perasaan rendah diri tentu saja dapat merugikan diri sendiri. Karena itu sikap seperti ini perlu dirubah sedini mungkin. Jangan sampai sikap ini menyebabkan kualitas hidup Anda menjadi lebih buruk. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi perasaan rendah diri

Baca Juga:  Cacar Air Bisa Terjadi Lebih dari Satu kali

1. Sadari bahwa setiap orang pastilah memiliki kelemahan dan kelebihan. Terima kekurangan Anda dan cari kelebihan lain yang Anda miliki.

2. Berpikir positif terhadap diri sendiri. Yakinlah bahwa Anda lebih baik dari apa yang Anda pikirkan.

3. Berikan afirmasi postif kepada diri anda untuk merangsang conscious mind (pikiran sadar) dan sub-conscious mind (pikiran bawah sadar) yang dapat meningkatkan keyakinan anda dalam melakukan tindakan.

4. Tingkatkan kepercayaan diri dengan bergaul di lingkungan orang-orang yang dapat menimbulkan sikap positif pada diri Anda. Selain itu, bacalah buku-buku yang dapat memotivasi diri Anda.

5. Tentukan tujuan hidup Anda guna mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

6. Jangan menganggap suatu kegagalan seperti akhir dari kehidupan. Bangkit dan jalani semuanya untuk hasil yang lebih baik lagi.