Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

DokterSehat.Com – Ada banyak sekali ciri-ciri dari masalah kolesterol tinggi dan asam urat. Kedua masalah kesehatan tersebut cukup mudah ditemukan pada masyarakat tanah air. Penderita asam urat biasanya juga mengalami masalah kolesterol tinggi mengingat penyebab dari kedua masalah kesehatan ini sama, yakni pola makan yang tidak sehat. Sebenarnya, apa sajakah ciri-ciri dari masalah kolesterol tinggi dan asam urat?

ciri ciri kolesterol tinggi dan asam urat

Merasakan pegal-pegal, kesemutan, dan sakit kepala
Gejala dari masalah kolesterol yang akan dirasakan adalah munculnya pegal-pegal atau sensasi yang berat pada tengkuk dan pundak. Mereka yang mengalami masalah kolesterol tinggi juga akan cenderung lebih mudah mengalami sakit kepala, mudah lelah, dan mudah mengantuk. Hal ini ternyata disebabkan oleh semakin menurunnya asupan oksigen menuju ke otak karena menumpuknya plak di dalam pembuluh darah yang menghambat aliran darah. Selain itu, mereka dengan masalah kolesterol tinggi juga akan cenderung mudah untuk terkena masalah kesemutan.

Mudah merasa lelah
Selain itu, orang dengan kadar kolesterol tinggi biasanya akan merasa mudah lelah walaupun tidak sedang melakukan aktifitas berat. Penghambatan aliran juga dapat terjadi pada aliran darah menuju otak sehingga membuat penderitanya pusing, susah berkonsentrasi, mudah mengantuk, dan terkadang merasa bingung.

Kerap mengalami masalah nyeri pada persendian
Gejala masalah asam urat dan kolesterol yang paling sering muncul adalah rasa nyeri atau ngilu pada persendian yang kemudian disertai dengan pembengkakan dan warna kemerahan. Selain itu, saat bangun tidur, penderita masalah asam urat dan kolesterol juga cenderung mudah terkena kesemutan berulang-ulang kali. Jika kadar asam urat di dalam tubuh semakin tinggi, maka rasa nyeri dan pembengkakan juga akan menjadi semakin parah sehingga penderitanya akan semakin kesulitan untuk bergerak.

Baca Juga:  Nyeri Otot Tanda Kolesterol Tinggi?

Jantung berdebar-debar
Banyaknya tumpukan kolesterol pada pembuluh darah oleh plak-plak yang menebal dan mengeras akan membuat jantung semakin bekerja keras dalam memompa aliran darah ke seluruh jaringan/ organ tubuh. Hal ini akan menimbulkan gejala jantung berdebar-debar lebih cepat dan keras yang menandakan organ ini bekerja ekstra dibandingkan normal. Jika berlangsung terus-menerus maka dapat berakibat kelelahan/ kepayahan pada jantung yang sering disebut sebagai gagal jantung.

Kadar kolesterol tinggi yang sudah jauh melebihi batas normal
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kadar kolesterol yang normal pada tubuh orang dewasa adalah sekitar 160 hingga 200 miligram per desiliter darah. Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol lebih dari 240 miligram per desiliter darah, maka bisa dipastikan bahwa mereka sedang mengalami masalah kolesterol tinggi.