Ciri-Ciri Kerupuk Berplastik

Doktersehat.com – Sudah heboh sebelumnya jika ada krupuk yang dicampur bahan pemutih untuk menarik minat pembeli. Dan, kini masyarakat sudah dihebohkan lagi dengan adanya kabar kerupuk bercampur plastik.



Oknum produsen kerupuk yang curang menggunakan minyak bercampur plastik untuk menggoreng krupuk. Sudah dapat dipastikan bahwa krupuk ini pastilah mengandung zat yang berbahaya. Dalam jangka panjang krupuk tidak sehat ini dapat merusak sistem pencernaan.

Kerupuk yang tidak mengandung zat berbahaya berwarna kekuningan bukannya putih bersih. Sementara kerupuk yang digoreng dengan minyak plastik berwarna putih bersih, mengkilap, dan menghasilkan bau yang tajam jika dibakar.

Berkaitan dengan kerupuk bercampur minyak plastik, sebelumnya para ahli sudah menegaskan bahwa makanan panas yang ditaruh dalam wadah plastik dapat membahayakan kesehatan. Alat makan plastik akan mengeluarkan banyak zat beracun saat terpapar suhu panas.

Senyawa beracun yang terkandung dalam wadah plastik atau melamin turut memicu pembentukan batu ginjal. Sebaiknya gunakan piring kemarik untuk menghidangkan makanan panas. Piring keramik lebih aman daripada piring plastik.

Sumber: rinagu.com