informasi kesehatan


Ciri-Ciri Kehamilan Yang Sehat

Ciri-Ciri Kehamilan Yang Sehat

Doktersehat.com – Kehamilan merupakan anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada setiap wanita. Untuk itu, kita wajib menjaga kesehatan saat hamil meski terkadang itu sulit dilakukan.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan saat hamil, antara lain dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok. Namun terkadang itu semua tidak menjamin kehamilan Anda berjalan dengan lancar. Meski begitu, Anda tidak perlu cemas berlebihan. Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan Anda dengan memeriksakan diri secara rutin ke dokter. Berikut ini merupakan ciri-ciri kehamilan yang sehat sebagaimana dilansir Magforwoman.

Berat badan konstan dan normal

Ciri pertama yang menunjukkan bahwa kehamilan Anda dalam kondisi sehat adalah berat badan tetap konstan dan meningkat secara bertahap. Sebagai acuan Anda bisa melihat bagan berat badan yang ideal. Normalnya wanita hamil bobot tubuhnya kan bertambah sekitar 12 sampai 15 kg. Selama hamil sebaiknya pemeriksaan berat badan secara rutin ke dokter kandungan.

Tekanan darah normal

Salah satu faktor terpenting yang menunjukkan kehamilan yang sehat adalah tekanan darah. Tercatat banyak kasus yang menunjukkan adanya komplikasi pada kehamilan dan persalinan akibat tekanan darah tinggi. Kehamilan yang sehat dapat ditandai dengan tekanan darah yang berada pada batas normal.

Kadar gula darah normal

Umumnya wanita hamil rawan terserang gangguan gestasional diabetes. Gangguan ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu dan janin. Kadar glukosa yang normal merupakan pertanda dari kondisi kehamilan yang sehat.

Sakit dan nyeri tubuh

Semakin bertambahnya usia kehamilan maka tubuh akan kerap mengalami nyeri. Kondisi ini normal terjadi pada ibu hamil karena tekanan dan beban tubuhnya makin bertambah. Maka tak heran bila banyak ibu hamil yang mengeluh sakit punggung. Namun, bila nyeri yang dirasakan sudah berlebihan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Sumber: okezone.com

pf button both Ciri Ciri Kehamilan Yang Sehat
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

2 Responses to “Ciri-Ciri Kehamilan Yang Sehat”

  1. wali says:

    Slamat sore dok.
    Maaf mungkin sya komment di artikel yg salah, karna sya gak tau mo komment d mana.
    Gini dok, sya akan abis daftar tni tpi saya gak lulus di test kesehatan kedua.
    Kata.a SGOT n SGPT sya tinggi.
    Mohon solusi dan obat yg saya dapat komsumsi agar penyakit saya cepat sembuh.
    Terima Kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat malam,

      Salam sehat,

      SGOT/ SGPT yang tinggi menandakan adanya gangguan pada hati, penyebab dari meningginya ot/ Pt ini dapat disebabkan dari beberapa hal, bisa dari infeksi virus/ bakteri, bisa juga akibat terlalu kelelahan, bisa juga dari penggunaan obat-obatan yang memperberat fungsi hati, atau makanan yang mengandung berbagai jenis pengawet, dsb.

      Untuk menurunkannya kita perlu mengetahui dulu penyebabnya, oleh karena itu, saya menyarankan berkonsultasi langsung dengan dokter terdekat.

      Secara umum perbanyaklah istirahat, hindari penggunaan obat-obatan kronis/ makanan berpengawet dan bisa ditambah dengan mengonsumsi curcuma multivitamin yang dapat membantu memulihkan kesehatan hati anda.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0