Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1

DokterSehat.Com – Bukan hanya kanker serviks saja penyakit yang ditakuti sebagian besar wanita, tapi begitu juga dengan kanker payudara. Kanker payudara atau karsinoma payudara merupakan tumor ganas yang tumbuh di jaringan payudara. Jenis kanker ini biasanya dialami oleh wanita, tapi bisa juga dialami oleh pria walaupun sangat jarang.



Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa pada tahun 2020 nanti jumlah kasus kanker payudara akan meningkat. Frekuensi kasus penyakit kanker ini relatif tinggi di negara maju dan merupakan terbanyak diderita dari jenis kanker lainnya.

Di Indonesia, kanker payudara menempati peringkat kedua setelah kanker serviks. Untuk itu, penyakit kanker ini masih menjadi momok yang menakutkan bagi sejumlah wanita di Indonesia. Agar tak terkena kanker payudara, ada beberapa cara untuk mencegahnya. Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan mengonsumsi beberapa makanan sehat untuk mencegah kanker payudara, seperti ikan salmon, sayur berdaun hijau, brokoli, buah delima, dan kacang brazil.

Lalu apa penyebab terjadinya penyakit kanker payudara yang sering dialami oleh wanita? Faktor reproduksi mungkin menjadi penyebab timbulnya sel kanker payudara selain faktor penggunaan hormon terutama hormon astrogen. Selain kedua faktor di atas, penyakit fibrokistik, radiasi ionisasi, serta obesitas mengambil peranan penting sebagai penyebab timbulnya kanker payudara pada wanita. Makanan juga mengambil faktor penting timbulnya penyakit kanker payudara terutama makanan yang mengandung bahan pengawet seperti boraks, zat pewarna makanan tekstil.

Ciri-ciri kanker payudara stadium 1 :

  • Adanya benjolan yang ada di dada yang kalau dilihat berbeda dengan daerah sekitarnya. Dan yang paling penting untuk para wanita, benjolan tersebut tidak memberikan rasa nyeri pada penderita kanker payudara stadium 1.
  • Ukuran benjolan kanker tidak lebih dari 2 cm

Setiap wanita dapat melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi gejala awal kanker payudara seminggu setelah menstruasi, waktu seminggu setelah menstruasi sangat tepat karena pada saat itu hormon estrogen dan progesteron berada pada kadar yang rendah. Hormon estrogen dan progesteron mengontrol dan mempengaruhi besar atau kecilnya payudara. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Perhatikan payudara dengan posisi kedua tangan di atas kepala kemudian kedua tangan di pinggang.
  • Angkat tangan kiri ke atas kepala.
  • Gunakan permukaan jari yang rata untuk meraba atau menekan payudara serta pastikan untuk menyentuh seluruh bagian payudara. Pola yang digunakan bisa dengan gerakan arah memutar, gerakan arah naik dan turun atau arah keluar dan masuk area putting. Usahakan menggunakan gerakan yang sama setiap bulannya.
  • Menekan setiap putting dengan lembut dan memperhatikan apakah ada cairan yang keluar.
  • Memeriksa daerah antara payudara dan ketiak serta payudara dan tulang dada sambil berbaring.
  • Mengulangi semua langkah tersebut untuk payudara yang sebelah kanan.
Baca Juga:  Kanker Usus Besar

Bagaimanakah mengenal ciri-ciri seorang wanita mengalami gangguan pada payudaranya ?

  • Jika payudara dipencet, maka akan keluar cairan putih seperti susu yang tidak berbau tapi tidak ada rasa nyeri yang timbul.
  • Kulit payudara tampak seperti kulit jeruk, yaitu mengerut dengan pori-pori kulit yang agak menonjol.
  • Terdapat benjolan yang selalu ditemukan saat memeriksa di daerah sekitar payudara atau di bawah ketiak.

Penanganan Kanker Payudara Stadium 1

Jika ditemukan adanya gangguan atau masalah pada payudara, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut berupa USG payudara, jika hasilnya masih meragukan maka akan dilanjutkan dengan mamografi untuk mengetahui apakah tumor jinak atau ganas.

Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan pada usia muda 20-30 tahun. Tapi bagi perempuan yang sudah menikah, mengonsumsi kontrasepsi hormonal, pakai silikon atau operasi plastik pada payudaranya, sebaiknya memberikan perhatian lebih untuk pemeriksaan tersebut.

Dengan mengenal ciri-ciri kanker payudara stadium 1 di atas, hendaknya para wanita lebih waspada terhadap tanda-tanda yang timbul di sekitar payudara.