Ciri-ciri Kanker Mulut Yang Harus Diwaspadai

DokterSehat.Com – Kanker mulut adalah kanker yang tumbuh dan berkembang di dalam mulut. Misalnya pada bibir, lidah, gusi, dinding mulut, serta langit-langit mulut. Kanker ini dapat menyebar secara langsung ke jaringan-jaringan di sekitar mulut atau melalui kelenjar getah bening. Di antara seluruh kasus kanker yang muncul, diperkirakan hanya terdapat dua persen kanker mulut. Karena itu, jenis kanker ini termasuk kanker yang jarang terjadi.

13

Sebagian besar kanker mulut menyerang lansia berusia 50-75 tahun dan lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Tetapi kanker ini juga dapat terjadi pada kalangan dewasa muda, terutama akibat infeksi HPV (human papillomavirus).

Berikut adalah ciri-ciri penyakit kanker mulut yang perlu anda waspadai sejak dini, sehingga anda bisa mendapat penanganan secara cepat :

  • Sulit mengunyah dan menelan
    Kesulitan dalam mengunyah makanan dan menelannya. Mulut seakan sulit digerakkan dan tidak mampu menghancurkan makanan dengan baik.
  • Kehilangan rasa
    Ciri lainnya dari kanker mulut adalah kehilangan rasa dari indera perasa di bagian lidah. Bagian ini sudah lumayan serius dan perlu segera di tangani ke dokter.
  • Adanya pembengkakan
    Pembengkakan mendadak perlu diwaspadai, terutama jika terjadi pada bagian mulut tanpa adanya alasan tertentu yang terjadi sebelumnya. Jika pembengkakan gusi bisa terjadi karena sakit gigi, pembengkakan akibat kanker bisa terjadi juga pada bibir dan area langit langit. Pembengkakan bisa diawali dengan adanya bercak merah ata putih pada bibir atau rongga mulut dan terus membesar dan melebar.
  • Terjadi pendarahan
    Ketika gosok gigi lalu tiba tiba keluar darah dan terjadi sering, mungkin bisa menjadi ciri awal adanya kanker. Selain itu jika mulut kemudian seringkali terjadi pendarahan sebaiknya segera menghubungi dokter untuk diperiksa.
  • Perbedaan warna
    Jika ada yang berbeda dari segi warna pada bagian mulut, maka perlu diwaspadai terutama ada perasaan aneh dan tidak nyaman pada bagian tersebut. Bagian mulut yang akan terasa berbeda warnanya biasanya terjadi pada bagian mulut, bibir, kelenjar ludah, lidah, gusi, dan langit langit mulut. Segera cek ke dokter jika perubahan warna itu terjadi secara mendadak.