4 Ciri Orang yang Mengalami Depresi Tingkat Lanjut

doktersehat-depresi-aborsi

DokterSehat.Com– Setiap orang pasti akan dan pernah mengalami depresi karena berbagai faktor, mulai dari faktor asmara, ekonomi, hingga keluarga. Depresi bisa ditandai dengan berbagai rasa yang berkecamuk di dalam jiwa, misalnya rasa kecewa, keputusasaan, kehilangan selera, kesedihan, dan berbagai macam rasa yang berlawanan dengan bahagia.

Walaupun setiap orang pernah mengalami depresi, tapi yang membedakannya adalah tingkatan atau level depresi itu sendiri. Ada orang yang mengalami depresi sedang, dalam artian tidak terlalu buruk efeknya. Namun, ada juga yang mengalami depresi tingkat lanjut yang sulit disembuhkan dan cukup mengkhawatirkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa ciri-ciri orang yang mengalami depresi tingkat lanjut:

1. Kecemasan yang Mendalam

Umumnya, seseorang yang depresi akan mengalami kecemasan yang berkala, alias kadang datang kadang hilang. Namun, jika depresi tersebut sudah dalam tingakt lanjut, maka kecemasan akan sangat mendalam dan sulit dihilangkan. Bahkan, dalam setiap waktu kecemasan itu datang, kecuali saat sedang tidur atau tak sadar.

2. Menyendiri

Bagi kebanyakan orang, menyendiri adalah sebuah cara untuk menenangkan diri. Hal itu memang benar, diri kadang membutuhkan waktu untuk sendiri tanpa terganggu. Tapi jika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus, bisa mengindikasikan bahwa seseorang sedang dalam keadaan depresi tingkat lanjut. Yang dikhawatirkan, saat sedang menyendiri, seseorang akan menyakiti dirinya dengan hal-hal yang tidak sepatutnya dilakukan.

3. Berpikir Terlalu Jauh

Pernahkah Anda menemui orang yang pemikirannya terlalu jauh? Bahkan, yang dipikirkan adalah hal-hal yang belum terjadi serta masih angan-angan. Jika Anda pernah menemui orang dengan cara berpikir seperti ini, maka dia adalah orang yang sedang mengalami depresi akut. Misalnya saja, ketika ingin menikah, dia sudah memikirkan segala kemungkinan yang terjadi, padahal masih belum dilakukan.

4. Sering Menangis

Menangis memang reaksi alami tubuh jika sedang merasakan sedih. Menangis sendiri bisa bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Bagi fisik, menangis bisa membersihkan mata, lalu bagi mental, menangis bisa mengatasi kesedihan. Namun, jika menangis tersebut terus-menerus datang tanpa sebab yang pasti, dapat dipastikan jika orang tersebut sedang dalam kondisi depresi tingkat lanjut.