Ciri-Ciri Anak Autis

Doktersehat.com-  Autisme berasal dari kata auto yang berarti sendiri.  Autisme itu sendiri adalah kombinasi dari beberapa kelainan perkembangan otak.Namun karena kurangnya pemahaman tentang autisme ini, masyarakat sering menganggap ini merupakan down syndrome. Perilaku anak autis bisa dilihat secara langsung melalui cara berkomunikasi,bertingkah laku dan tingkat perkembangannya. Penyandang autis dapat terlihat seperti keterbelakangan mental, gangguan pada pendengaran, kelainan perilaku. Kemampuan dan perilaku aneh yang ditunjukkan oleh anak penderita autis seperti di bawah ini:



Komunikasi:

Keterlambatan dalam berbicara atau dalam berbahasa. Biasanya komunikasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa tubuh dan hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu yang tidak lama.

Bersosialisasi:

Anak autis cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya untuk sendiri.  Tidak mempunyai ketertarikan untuk berteman atau bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Tidak adanya respon ketika ada lawan bicara yang mengajak dia berkomunikasi.

Perilaku:

Menjadi sangat aktif atau malah justru sebaliknya. Menjadi sangat pasif ( pendiam ). Tiba-tiba marah tanpa alas an yang jelas.

Kelainan Penginderaan:

Menjadi sensitive terhadap cahaya, pendengaran, sentuhan, penciuman, dan rasa.

Berdasarkan ciri-ciri diatas, dapat disimpulkan bahwa gangguan koordinasi otak pemicu autism sudah terjadi sejak dalam kandungan.

Sumber:ningharmanto.com&detikhealth.com