Ciri Air Mani yang Normal

DokterSehat.com – Saat ejakulasi penis akan mengeluarkan cairan putih yang disebut dengan air mani atau semen. Sebagian besar cairan dalam air mani disekresikan dari organ reproduksi laki-laki, yaitu 65 persen cairan yang diproduksi oleh vesikula seminalis, 30 sampai 35 persen pada prostat, dan 5 persen dari testis dan epididimis.

18

Produksi air mani dalam ejakulasi tunggal memiliki volume yang bervariasi, mulai dari 2 hingga 5 ml. Air mani yang dikeluarkan saat ejakulasi mengandung 40 juta sampai 600 juta sperma, tergantung pada volume ejakulasi dan lamanya waktu sejak ejakulasi berakhir.

Secara kasat mata, air mani yang normal dapat dikenali dari bentuk, bau dan rasanya. Berikut ini ciri-ciri air mani yang sehat:

1. Tampilan

Air mani normalnya berwarna putih awan atau sedikit abu-abu. Setelah ejakulasi, air mani akan berubah seperti jelly. Dalam  waktu 30 menit akan mencair dan makin bening. Tingkat kekentalan air mani berperan penting dalam reproduksi.

2. Rasa

Air mani memiliki fruktosa cukup tinggi sehingga rasanya sedikit manis. Tapi, rasanya cenderung berubah dan bisa dipengaruhi pola makan. Jika terlalu banyak makan daging merah, bawang, produk hewani, dan kopi maka air mani akan terasa pahit dan masam. Dan akan terasa manis jika banyak mengonsumsi buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, serta buah lainnya yang mengandung gula alami.

3. Bau
Bau klorin dalam air mani adalah normal.