Cidera Kaki Bisa Disebabkan Hal-Hal Berikut Ini

DokterSehat.Com – Meskipun terlihat sebagai kegiatan yang remeh dan hampir setiap waktu kita lakukan, berjalan kaki atau berlari ternyata juga bisa menyebabkan masalah cidera. Sebagai contoh, banyak dari kita yang mengalami gejala tidak nyaman saat berjalan kaki, baik itu saat berjalan kaki biasa atau berjalan kaki karena berolahraga dan membiarkannya begitu saja. Lambat laun rasa tidak nyaman kaki ini pada akhirnya berkembang menjadi cedera yang berat dan harus mendapatkan penanganan yang serius. Tahukah anda, beberapa hal berikut ini bisa meningkatkan resiko kaki kita terkena cedera.

doktersehat-kanker-tulang-treadmill-baik-turunkan-kadar-gula

Penggunaan alas kaki ditengarai menjadi penyebab utama masalah cedera pada kaki belakangan ini. Sebagai contoh, banyak kaum hawa yang mendewakan penampilan yang cantik dan menawan sehingga memakai sepatu dengan hak yang cukup tinggi dan kurang nyaman dipakai sepanjang hari. Hal ini ternyata bisa memicu cidera pada kaki, tekanan berlebihan pada tulang kaki, dan juga rasa nyeri pada lutut. Selain itu, ada beberapa orang yang cenderung memakai sepatu dengan ukuran yang sangat pas dan cenderung menyempit sehingga kuku jari kaki pun tertekan. Hal ini ternyata bisa memicu peradangan dan nyeri pada kaki. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk memakai sepatu dengan ukuran yang nyaman dipakai.

Beberapa orang juga memiliki kebiasaan buruk dalam memakai alas kaki sehari-hari sehingga bisa memicu masalah cedera kaki. Sebagai contoh, kita rutin melakukan olahraga dengan mengandalkan satu sepatu saja setiap hari. Hal ini ternyata bisa membuat bahan sepatu yang tertekan karena aktifitas fisik yang berat tidak kembali mengembang dan beresiko menyebabkan cedera saat melakukan olahraga di kemudian hari. Selain itu, sepatu yang selalu dipakai setiap hari juga tidak memiliki kesempatan untuk menghilangkan kelembaban berlebihan karena keringat. Kebiasaan buruk lain yang banyak dilakukan adalah dengan memakai sepatu tanpa kaus kaki. Senyaman atau seempuk apapun sepatu anda, ada baiknya anda tetap memakai kaus kaki sehingga kaki pun tidak beresiko terkena masalah jamur atau lecet-lecet.

Baca Juga:  Radang Tenggorokan Tak Harus Selalu Diobati Dengan Antibiotik

Penyebab cedera kaki yang sangat tidak kita duga ternyata adalah jika kita mengalami kenaikan berat badan dengan signifikan. Tahukah anda, jika berat badan kita naik sebesar 4.5 kg saja, maka kaki kita akan memiliki beban dan tekanan jauh lebih besar saat berjalan kaki sehingga beresiko mendapatkan masalah nyeri dan cedera. Karena alasan inilah sebaiknya kita pandai-pandai mempertahankan berat badan yang ideal.