Chimera Dari Embrio Manusia dan Babi Telah Berhasil Diciptakan

DokterSehat.Com – Jika anda kerap mempelajari cerita mitologi Yunani kuno, anda pasti mengenal mahluk fiktif yang bernama Chimera. Chimera sendiri bisa digambarkan sebagai gabungan dari beberapa mahluk hidup yang menjadi satu. Tak disangka chimera yang awalnya hanya mitologi fiktif ini ternyata benar-benar dikembangkan oleh beberapa pakar kesehatan. Seperti apakah oleh chimera ini?



Dilansir dari Jurnal berjudul Cell, embrio chimera ini ternyata dibuat dari gabungan materi genetik manusia dan babi. Profesor Juan Carlso Izpisia Belmonte yang berasal dari Salk Institute inilah yang bertanggung jawab pada penemuan unik ini. Beliau berhasil menyuntikkan sel punca manusia pada embrio babi. Dari 2.075 embrio yang ditanamkan pada rahim babi betina, ternyata ada 186 embrio yang berhasil berkembang. Mengingat hal ini masih dianggap kontroversial, para embrio ini hanya akan dibiarkan hidup selama 28 hari demi kepentingan penelitian.

Profesor Carlos berkata jika penemuannya ini adalah untuk pertama kalinya dalam sejarah dimana sel-sel manusia bisa tumbuh pada hewan besar. Ia pun berharap jika hasil penemuannya bisa memberikan solusi bagi dunia kesehatan dimana nantinya kita bisa menumbuhkan beberapa jenis organ manusia layaknya jantung, ginjal, atau liver, demi kebutuhan transplantasi bagi mereka yang membutuhkan.

Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa embrio chimera yang berkembang selama 28 hari ini ternyata hanya memiliki 0,001 persen materi genetik tubuh manusia. Meskipun begitu, menurut pakar kesehatan lain yang juga terlibat dalam penelitian ini, dr. Jun Wu, hal ini sudah cukup menggambarkan seperti apa perkembangan embrio chimera ini ke depannya.

Diharapkan, hasil penelitian ini bisa dikembangkan lebih lanjut sehingga nantinya pakar kesehatan bisa menciptakan chimera bermaterikan manusia yang tentu akan membuat dunia kesehatan, khususnya di bidang pengobatan penyakit, bisa semakin berkembang.