Cermati dan Hindari Beberapa Penyebab Disfungsi Ereksi Berikut

DokterSehat.Com – Banyak pria yang berpikir bahwa mendapatkan ereksi pada organ penis adalah hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Kita bisa mengambil contoh dimana pada pagi hari saat bangun tidur, pria bisa saja dengan sendirinya mengalami ereksi karena kondisi ingin buang air kecil. Disamping itu, rangsangan yang bahkan bisa dipicu dari penglihatan saja bisa membuat ereksi pada organ penis. Sayangnya, ada beberapa pria yang mengalami disfungsi ereksi atau gangguan untuk mendapatkan ereksi pada penisnya sehingga organ penis pun akan sulit dipakai untuk berhubungan intim dengan pasangan. Masalah disfungsi ereksi tentu bisa menyebabkan gangguan keharmonisan rumah tangga jika tidak ditangani dengan benar.

doktersehat-obat-kolesterol-pikun

Macam-macam Penyebab:

  • Kelainan atau Gangguan Fisik
    Banyak sekali penyebab dari disfungsi ereksi. Secara fisik, disfungsi ereksi bisa disebabkan oleh masalah pada jaringan otot, jaringan ikat, hingga pembuluh darah di area penis. Bahkan, pakar kesehatan juga menemukan penyebab disfungsi ereksi dari gangguan saraf pada otak maupun tulang belakang. Selain gangguan pada fisik, beberapa penyakit juga bisa memicu disfungsi ereksi pada pria seperti sebagai berikut.
  • Penyakit Syaraf & Pembuluh Darah
    Penyakit pembuluh darah layaknya aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah yang disertai tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi bisa menjadi penyebab disfungsi ereksi karena aliran darah menjadi terhambat sehingga darah yang dibutuhkan penis untuk ereksi pun gagal memenuhi rongga-rongga di dalam penis sehingga penis cenderung lembek. Selain itu, penyakit neurologis pada otak maupun saraf juga bisa menjadi penyebab disfungsi ereksi. Mereka yang pernah mengalami cedera pada tulang belakang bisa menyebabkan gangguan impuls saraf yang membuat otak tidak bisa memberikan perintah ereksi pada organ penis.
  • Penyakit Ginjal, Diabetes & Hormon
    Ginjal yang bermasalah ternyata juga bisa menyebabkan disfungsi ereksi, khususnya dalam hal membuat kadar libido dalam tubuh menjadi jauh menurun. Libido yang rendah tentu saja akan membuat kemampuan seksual seseorang akan jauh menurun sehingga penis pun beresiko mendapatkan masalah disfungsi ereksi. Selain itu, penyakit diabetes yang bisa merusak pembuluh darah arteri dan saraf juga bisa membuat disfungsi. Bahkan, sebuah penelitian mencatat bahwa diantara 20 hingga 75 persen pria dengan masalah diabetes ternyata mengalami masalah disfungsi ereksi.