Cengkih Bisa Bangkitkan Libido

Doktersehat.com – Cengkih merupakan tanaman asli Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia.



Tidak hanya mengeluarkan aroma yang khas,tamaman dengan nama latin Syzygium aromaticum ini juga memiliki manfaat beragam bagi kesehatan. Berikut di antaranya:

1. Batuk

Gejala batuk berdahak juga bisa ditangani dengan mengkonsumsi cengkih. Anda bisa mencoba resep berikut. Ambil beberapa butir cengkih dan sejumput garam dapur. Kemudian kunyahlah keduanya secara bersamaan. Resep tersebut dapat memudahkan Anda untuk mengeluarkan dahak dan juga mengurangi iritasi pada tenggorokan. Resep lainnya, Anda bisa mencoba mengunyah beberapa butir cengkih yang dibakar sebelumnya.

2. Stres

Jika Anda merasa stres, didihkan air dengan daun kemangi, daun mint dan cengkih. Kemudian Anda dapat menggunakan air ini untuk minum teh hitam dengan menambahkan sedikit madu.

3. Bergizi
Cengkeh adalah gudang nutrisi penting yang tepat dari vitamin yang baik untuk nutrisi penting seperti kalsium dan magnesium. Cengkeh bahkan dapat menyediakan Anda jumlah energi yang baik  dan mengandung serat makanan.

4. Zat penambah libido
Cengkeh secara tradisional dianggap memiliki sifat afrodisiak/viagra alami.  Sayangnya belum banyak penilitian tentang hal tersebut. Selain itu, cengkeh juga ditemukan dapat membantu dalam kasus ejakulasi dini.

5. Antibakteri dan antijamur
Cengkeh bisa menjadi cara alami yang efektif untuk melawan bakteri terutama yang menyebabkan kerusakan di perut Anda dan juga kuman di mulut.  Selain itu, eugenol yang diperoleh dari cengkeh telah membuktikan sifat antijamur dan efektif dalam menyembuhkan penyakit kulit seperti yang disebabkan oleh cacing cincin.

6. Analgesik
Minyak cengkeh telah lama digunakan sebagai obat untuk sakit gigi. Eksperimen baru-baru ini telah membuktikan sifat analgesik dari cengkeh.  Jadi lain kali Anda mengalami sakit gigi, Anda bisa menggunakan minyak cengkeh sebagai obat.

Baca Juga:  Waspadai Batuk Sesak Nafas Pada Anak

Selain mengurangi rasa sakit pada gigi dan gusi, cengkih juga bisa mengurangi infeksi karena sifat antiseptik. Selain itu, minyak cengkih juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang. Rebus segelas air, kemudian tambahkan beberapa butir cengkih. Setelah ramuan tersebut dingin, berkumurlah secara perlahan.

7. Atasi masalah perut
Cengkeh merupakan salah satu pilihan makanan terbaik untuk perut Anda.  Mereka tidak hanya membantu melawan kembung dan luka dalam lambung tetapi juga efektif atasi mual dan gangguan pencernaan.

Mengonsumsi bubuk cengkih goreng dicampur dengan madu dapat secara efektif mengendalikan muntah. Tindakan anestesi cengkih membantu dalam menangani nyeri perut dan juga menghentikan muntah.

Dari berbagai sumber