Cemilan Sebagai Obat Stress

Stress… (stress…)
Kerap melanda manusia
Tak peduli miskin ataupun kaya
Banyak orang yang stress



Stress… (stress…)
Seakan tengah mewabah
Tak peduli tua ataupun muda
Banyak orang yang stress

DokterSehat.com – Itulah lirik lagu dari bang haji Roma irama dengan lagunya stress. Hmmm.. .jika kita melihat masyarakat sekarang terutama di kota-kota besar sepertinya stress seperti sudah jadi makanan sehari-hari, tak sedikit kita melihat orang-orang disekitar kita terkena stress, bisa karena masalah keuangan, keluarga, ataupun cinta. Yah itulah mungkin penomena hidup di kota-kota besar yang penuh dengan berbagai masalah kompleks.Apalagi dampak stress itu sendiri tak bisa kita anggap remeh karena memang stress sangat beresiko bagi kesehatan tubuh & jiwa kita.

Nah Bagaimana solusinya? Kalo kita inget pepatah ibu puskesmas Mencegah lebih baik daripada mengobati… iya kan? Dari info sehat yang saya dapat ternyata stress dapat dicegah atau istilahnya diminimalisir hanya dengan mengkonsumsi makanan-makanan atau cemilan anti stress, Dan kabar baiknya ternyata makanan atau cemilan anti stress ini adalah makanan yang tergolong makanan enak (menurut saya.. ). Oke teman tanpa berpanjang lebar lagi mari kita kupas satu persatu makanan/cemilan apa saja yang dapat mencegah stress.

Ayam bakar atau Daging sapi panggang

Pada awalnya saya benar-benar tak menyangka ternyata Ayam bakar yang biasa saya dan teman-teman di lembang untuk liliwetan bareng itu memberikan protein yang baik. 200 gram protein daging ini akan membantu otak kita membuat dopamin dan norepinefrin, senyawa kimia alamiah dalam otak yang akan membuat kita tetap awas, Begitulah kata Om Judith Wurtman, Ph.D., penulis buku The Serotonin Power Diet. Sedangkan daging walau mengandung lemak, tapi juga mengandung vitamin B, zat besi dan zat seng yang sangat kaya sehinga baik untuk yang sedang stress.

Kacang almond

Kacang lezat satu ini yang suka ada di coklat ternyata memiliki khasiat anti stress yang luar biasa. Dilengkapi vitamin B2, vitamin E, magnesium dan zat seng, almond memang oke banget. Vitamin B dan magnesium-nya membantu menenangkan dan mengendalikan mood kita. Zat seng-nya ampuh melawan stress dan vitamin E-nya kaya akan antioksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas penyebab stress sekaligus melawan sakit jantung. Cukup konsumsi satu genggam tangan saja per harinya karena jika kelebihan, kandungan lemaknya sanggup membuat pertumbuhan ke samping alias gemuk, hehehe.

Popcorn

Mengapa pilih cemilan Popcorn? cemilan khas bioskop ini memang baik untuk pencegah stress Karena karbohidrat yang ada dalam popcorn akan membuat badan kita melepas serotonin, senyawa kimia dalam otak yang akan membuat kita merasa rileks. “Tapi pastikan bahwa popcorn yang kita nikmati rendah atau bahkan bebas lemak, karena lemak yang ada akan memperlambat proses pelepasan serotonin, sehingga akan bertahan lebih lama di badan kita, dan tentu saja akan membuat kita lebih rileks,” kata Ibu Elizabeth Somer, R.D.

Sushi

Untuk yang suka makanan Jepang boleh berseneng diri ternyata manfaat sushi memang banyak. Rumput laut yang sering menjadi bahan campurannya ternyata punya khasiat mirip ikan yang juga ada dalam campuran sushi. Pantothenic acid yang terkandung di dalamnya penting bagi kelenjar adrenal yang bermain penting bagi managemen stress tubuh. Kurangnya pantothenic acid bisa menyebabkan infeksi, kelelahan dan rasa gelisah berlebihan.waah serem juga jika akibatnya sampai seperti itu

Baca Juga:  Mencicipi Masakan, Kebiasaan Makan Yang Buat Anda Gemuk

Coklat

Inilah makanan bisa jadi kesukaan banyak dari kita. Ternyata Coklat akan membantu kita mengangkat mood kita! Coklat dipenuhi dengan anadamin, dan feniletilamin, yang membantu kerja syaraf dan akan membuat perasaan anda lebih tenang dan merasa lebih bahagia!Tak percaya? coba saja..

Nanas dan berry

Bingung kebanyakan pilihan makanan/cemilan anti stress? Tenang saja, sebenarnya ada juga yang lainnya. Antioksidan yang berasal dari buah atau sayuran dengan warna yang cerah lebih kuat membantu melawan radikal bebas yang membuat memori Kita tetap menempel kuat, Kalau kata Ibu Elizabeth Somer, R.D pernah bilang “Karena otak kita menyerap banyak sekali oksigen, maka antioksidan akan membantu mengurangi kerusakan otak karena oksidan yang ada,”. Dan pada saat kebingungan, bukankah kita harus berpikir jernih dengan otak kita?

Ikan

Hampir semua jenis ikan mengandung vitamin B lengkap, terutama B6 dan B12 yang paling penting bagi pereda stress.Nah lebih jauh lagi, ternyata vitamin B12 adalah vitamin paling penting dalam menciptakan zat kesenangan yang diproduksi otak. Oleh karena itulah kurangnya vitamin B12 dapat menyebabkan depresi. Cobalah ikan tuna untuk makan siang atau makan malam. Selain itu, makanan yang kaya akan omega 3, seperti ikan salmon, bisa melindungi kita dari penyakit jantung. dan Penelitian yang dilakukan oleh Diabetes & Metabolism menemukan bahwa omega 3 dapat menghambat pertumbuhan hormon kortisol yang menyebabkan stress serta peningkatan tekanan darah. Hebat kan daging ikan ini?Lebih hebat lagi yang menciptakannya… Iya engga ?

Sayuran hijau

Brokoli, kangkung. bayam, waluh, atau sayur-sayuran yang sering dimasak oleh ibu kita dan sayuran lain yang berwarna hijau tua adalah sayuran yang sangat bermanfaat menurunkan stres, karena kandungan vitaminnya yang melimpah dapat merefill (mengisi ulang) energi tubuh yang terkuras saat pikiran kita dalam keadaan tertekan.

Roti gandum

Roti, nasi putih atau kue bisa mengenyangkan tapi setelah itu kita bisa mengantuk dan bahkan bisa jadi gemuk jika kebanyakan. Tapi, sebenarnya gandum punya efek lain, yaitu bisa mengenyangkan sekaligus pengendali stress dalam jangka waktu lama.

Susu

Nah ini lah minuman yang selalu jadi langganan diantara kita setiap pagi. Tapi sebelum mengkonsumsi, carilah jenis susu yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Intinya, minuman ini memiliki antioksidan yang menghancurkan radikal bebas pemicu stress. Bisa dikonsumsi pagi atau malam hari sebelum tidur.
Oke teman, Itulah berbagai macam makanan/cemilan yang dapat mencagah kita dari stress atas rutinitas keseharian kita. Mungkin sebagain dari kita sudah mengaplikasikan makanan/cemilan ini sehari-hari. Tapi bagaimana yang belum? Tiada kata lain jika kita ingin membuktikannya yaitu dengan mencobanya..
Selamat mencoba…

sumber