Cemburu Adalah Tanda Kasih Sayang? Belum Tentu

DokterSehat.Com– Meskipun sering menjadi penyebab pertengkaran pasangan atau bahkan pemicu tindakan kriminal, cemburu masih dianggap sebagai salah satu tanda kasih sayang. Sebenarnya, apakah anggapan ini benar adanya?

doktersehat-couple-pasangan-masalah-klamidia

Psikolog dan terapis bernama Esther Perel menyebut cemburu sebagai emosi yang wajar terjadi pada manusia dan menjadi bagian untuk mempertahankan hubungan kasih sayang dengan pasangan. Bahkan, dalam banyak kasus, cemburu bisa menjadi cara untuk membuat hubungan pasangan menjadi semakin dekat. Menurut Perel, jika kita belajar dengan lebih baik untuk mendengarkan rasa cemburu ini, kita bahkan bisa mendapatkan hubungan yang lebih romantis serta seks yang jauh lebih intim.

Yang tidak diketahui banyak orang adalah, ada garis yang tegas antara cemburu dan rasa iri. Biasanya rasa iri akan melibatkan orang ketiga. Menurut Perel, rasa iri akan membuat kita menginginkan sesuatu yang sudah dimiliki orang lain, sementara itu, cemburu akan membuat seseorang ingin mengejar sesuatu yang diinginkannya. Namun, seringkali cemburu muncul karena rasa tidak percaya diri saat menjalin hubungan dengan pasangan.

Dalam realitanya, banyak orang tidak mau mengakui kalau dirinya cemburu karena dikhawatirkan bisa membuat posisinya lebih rendah dalam suatu hubungan. Satu hal yang pasti, cemburu menandakan bahwa pasangan kita memiliki nilai yang sangat tinggi sehingga kita pun akan merasa terancam dengan keberadaan orang lain dan takut untuk ditinggalkan.

Yang menjadi masalah adalah, cemburu bisa merusak. Kita tentu kerap mendengar kasus dimana seseorang sampai membunuh atau menganiaya karena cemburu. Bahkan, rasa cemburu yang kelewat posesif bisa membuat orang yang disayangi menjadi korban amarah.

Meskipun belum tentu menandakan rasa sayang, psikolog David Buss menyebut cemburu sebagai bumbu yang menunjukkan rasa peduli atau cinta. Jika anda dan pasangan tidak pernah mengalami kecemburuan, bisa jadi ada ketidakpedulian dalam hubungan anda.