Celana Dalam Ketat Berpengaruh pada Kesuburan Pria?

DokterSehat.Com – Banyak pakar seksualitas yang meyakini jika penggunaan celana dalam bisa mempengaruhi tingkat kesuburan seorag pria. Secara logika, celana dalam, khususnya yang ketat, akan cenderung membuat area selangkangan menjadi lebih hangat. Padahal, area skrotum pada alat kelamin pria sebaiknya tidak berada dalam kondisi hangat karena bisa membuat produksi sperma menjadi bermasalah. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-pria-skrotum-penis-masalah-kelamin-Pembesaran-Prostat-Jinak-gatal-hematuria-scrotoplasty-kanker-prostat-infeksi-menular-seksual

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health di Amerika Serikat dilakukan dengan mengecek 500 sampel sperma dari pria-pria yang ingin segera mendapatkan momongan. Dari semua sampel sperma ini, dibuatlah tes yang mencakup 35 aspek kualitas sperma sehingga bisa didapatkan korelasi antara penggunaan celana dalam dengan tingkat kualitas sperma dan juga tingkat kesuburan. Hasilnya adalah, pria yang banyak memakai boxer akan cenderung memiliki tingkat kualitas sperma yang sangat baik. Hanya saja, hanya sebagian pengguna boxer yang mendapatkan kualitas sperma yang bisa menjamin dapatnya keturunan sesegera mungkini ini. Sebagian lain ternyata juga memiliki kualitas sperma yang sangat buruk. Hal ini berarti, ketatnya celana dalam ternyata tidak benar-benar berpengaruh pada kualitas sperma pada pria.

Pakar kesehatan dari Stanford University Medical Center, Michael Eisenberg, sendiri menyebutkan jika pria sebaiknya tidak terlalu khawatir akan penggunaan celana dalam mereka dan memakai apa yang dianggap cukup nyaman saja. Kualitas sperma sendiri tidak hanya dipengaruhi oleh penggunaan celana dalam melainkan gaya hidup sang pria itu sendiri. Pakar kesehatan menyebutkan jika selain menjaga pola makan yang sehat dan berat badan tetap ideal, pria juga sebaiknya rajin berolahraga sehingga kualitas spermanya pun membaik. Selain itu, hindari rokok, konsumsi alkohol, apalagi penggunaan gadget yang berlebihan dan dekat dengan organ vital karena hal ini akan sangat buruk bagi kesuburan pria.