Cek Warna Darah Menstruasimu. Jika Seperti Ini, Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan

DokterSehat.Com– Kebanyakan wanita tidak begitu memperhatikan warna darah menstruasinya karena memang warnanya tidak selalu sama. Padahal, menurut pakar kesehatan, warna darah menstruasi bisa menandakan kondisi kesehatan tubuh kita. Apa sajakah warna darah yang bisa kita temukan saat menstruasi?

doktersehat-menstruasi-darah-datang-bulan-pantyliner-softex-pembalut-berenang

Darah berwarna cokelat atau merah tua
Biasanya, darah yang keluar di fase awal atau akhir haid berwarna cokelat atau merah tua dan hal ini ternyata normal adanya. Darah yang keluar juga cenderung tidak begitu deras karena membutuhkan waktu untuk keluar dari uterus.

Darah berwarna merah terang
Darah menstruasi yang berwarna merah terang biasanya keluar pada hari kedua atau ketiga menstruasi. Pada saat inilah rahim meluruhkan sel telur yang tidak dibuahi dengan sangat cepat. Begitu cepatnya proses ini sehingga darah ini tidak tercampur molekul apapun yang bisa membuat warnanya menjadi lebih gelap.

Darah berwarna merah muda atau pink
Darah menstruasi yang berwarna merah muda atau pink cenderung keluar berupa bercak pendarahan. Pakar kesehatan Margaret Romero dari New York, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa warna darah menstruasi yang merah muda ini disebabkan oleh minumnya kadar hormon estrogen. Tak hanya itu, hal ini juga sering terjadi pada mereka yang haid dengan tidak teratur. Yang menjadi masalah adalah, jika kadar hormon estrogen dalam tubuh rendah, bisa jadi hal ini memicu tubuh lemas atau masalah vagina kering.

Darah berwarna merah keabu-abuan
Jika warna darah yang keluar saat menstruasi adalah campuran antara merah dan abu-abu, bisa jadi hal ini menandakan adanya infeksi atau keguguran yang tentu harus segera diperiksakan ke dokter.

Tak hanya warna darah menstruasi yang tidak normal, kaum hawa juga sebaiknya waspada jika haid lebih lama dari biasanya atau mengalami gangguan siklus haid.