Cek Kuku Anda, Jika Ada Garis Hitam Ini, Bisa Jadi Adalah Tanda Kanker

DokterSehat.Com– Kuku terkadang terkena cedera yang membuatnya menjadi memiliki tanda gelap atau kehitaman. Namun, jika kuku memiliki tanda seperti garis hitam yang tidak disebabkan oleh hal apapun, ada baiknya kita mewaspadai kemungkinan adanya kanker.



Pernyataan ini viral di media sosial Facebook setelah ahli perawatan kuku bernama Jean Skinner menyebutkan bahwa ada sebagian klien yang memintanya mengecat kukunya dengan warna gelap demi menutupi garis hitam yang muncul pada permukaan kuku. Pada awalnya, klien-klien ini hanya berpikir bahwa hal ini adalah tanda keturunan atau kekurangan kalsium. Namun, ada seorang klien yang akhirnya memeriksakan kondisi kukunya ke dokter dan terkejut tatkala didiagnosis mengalami kanker kulit atau melanoma agresif yang sudah menyebar ke kelenjar getah bening.

Dalam dunia medis, melanoma kuku disebut sebagai melanoma subungual. Kanker ini sebenarnya terjadi di bagian bawah kuku namun menunjukkan tanda yang terlihat dari permukaan kuku. Jika melanoma ini berada di permukaan kuku, maka hal ini disebut sebagai melanoma periungual. Kondisi melanoma ini memang jarang terjadi, namun bisa jadi sangat mematikan.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Dermatologic Surgery, disebutkan bahwa sekitar 50 persen kasus melanoma di dunia berasal dari orang Asia. Kita sebagai orang Indonesia yang kerap terpapar sinar matahari dan memiliki gaya hidup cenderung tidak sehat tentu harus mewaspadai masalah kanker kulit ini.

Banyak orang yang menganggap melanoma subungual ini sebagai sesuatu yang mirip dengan pengendapan darah yang disebabkan oleh kuku yang terjepit benda layaknya pintu atau terhantam benda yang keras. Jika pengendapan darah ini akan menghilang seiring dengan pertumbuhan kuku, maka melanoma subungual ini tetap saja ada dari ujung hingga pangkal kuku.