Cek Kesehatan Pria Sekarang Juga Untuk Mencegah Penyakit Fatal

DokterSehat.Com – Pemeriksaan kesehatan teratur merupakan cara yang sangat baik untuk mencegah bermacam – macam penyakit. Hal ini mampu diibaratkan seperti perawatan kendaraan. Anda butuh periksa tekanan angin pada ban, oli, air, dan lainnya sebagainya dengan cara rutin. Seluruh itu butuh dilakukan supaya Anda selamat di dalam perjalanan.



Begitupun pemeriksaan kesehatan teratur, Anda butuh menjalaninya supaya terhindar dari berbagai penyakit fatal yg mampu menurunkan kualitas hidup, bahkan sanggup menyebabkan kematian.

Nah, apa saja pemeriksaan yang harus para pria jalani? Berikut beberapa di antaranya:

• Tes kepadatan tulang
Tes kepadatan tulang tentu saja berfungsi untuk mengetahui risiko osteoporosis. Meski penyakit ini lebih sering dikaitkan dengan wanita namun pria juga bisa mengalami pengoroposan tulang hingga 6% untuk patah tulang pinggul dan persentase 5% untuk patah tulang belakang. Jadi, lakukan tes kesehatan ini setidaknya sekali dalam lima tahun.

• Tes tiroid
Tiroid merupakan kelenjar kecil pada leher yang berfungsi untuk mengatur sistem metabolisme tubuh. Jika tiroid terlalu aktif, malah akan mengganggu metabolisme dan menyebabkan beberapa masalah seperti turun berat badan, denyut nadi terlalu aktif, dan juga insomnia. Nah, kalau terlalu lamban juga jadi masalah seperti misalnya berat badan jadi naik, kelelahan, dan juga sembelit. Lama kelamaan efek sampingnya merambah ke disfungsi ereksi, masalah ejakulasi dan juga gairan seks menurun. Nah untuk itu lakukan tes tiroid sekali setahun mulai dari usia 35 tahun.

• Tes penyakit kanker prostat
Dibandingkan dengan kanker testis, kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi pada pria. Oleh karena itu, pemeriksaan kanker prostat patut dilakukan sedini mungkin. Gejala-gejalanya juga diperhatikan yakni seperti misalnya sulit buang air kecil. Lakukan tes kesehatan untuk pria ini sekali setahun.

Baca Juga:  Penting Dibaca, Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Diet Penurunan Berat Badan

• Tes penyakit kanker testis
Kanker testis memang jarang terjadi namun bukan tidak mungkin. Dengan melakukan pemeriksaan sejak dini maka kemungkinan untuk cegah penyakit kanker ini bisa dilakukan hingga 90%. Kebanyakan penderita kanker testis adalah pria berusia 15 hingga 34 tahun.

• Tes gula darah
Ya, tes gula darah bermanfaat untuk tahu risiko diabetes. Anda bisa mengeceknya di usia 45 tahun ke atas. Bahkan mungkin juga bisa di bawah usia itu karena diabetes sudah mulai menjangkiti mereka yang lebih muda juga. Sekarang, BPJS Kesehatan juga menyediakan pemeriksaan gula darah bagi pasien diabetes.

• Tes kolesterol
Tes ini bermanfaat untuk mencegah sakit jantung. Anda bisa lakukan tes kolesterol mulai dari umur 20 tahun dan diulangi sekali dalam 5 tahun, kecuali kalau ada anjuran berbeda dari dokter. Jika hasil tes menunjukkan angka 220 dan ke atas, itu tandanya Anda harus mulai mengurangi makanan yang mengandung kolesterol jahat.

• Tes tekanan darah
Tes ini mungkin kelihatan sederhana tetapi penting untuk dilakukan secara teratur. Perlu diketahui bahwa 1 dari 5 pria yang pernah melakukan tes tekanan darah ternyata punya riisko mengidap tekanan darah tinggi. Jadi, lakukan pemeriksaan ini kapan saja dan ulangi setiap sekali setahun apabila sebelumnya tekanan darah Anda normal. Namun, lakukan 6 bulan sekali jika sebelumnya di level tinggi.

BACA JUGA : Menghitung Masa Subur