Cek Kesehaatan Yang Harus Dilakukan Pria

DokterSehat.Com – Dibandingkan wanita, pria sering mengabaikan kesehatannya dengan tak mengecek ke dokter. Padahal, sebagian pria cenderung menjalani gaya hidup yang kurang sehat dan perokok, atau minum beralkohol terlalu banyak hingga kelebihan berat badan.



Mengetahui kondisi kesehatan lebih awal memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk pulih. Begitu pula yang disarankan oleh Dr Tony Steele seperti dikutip dari DailyRecord, Jumat (19/6/2015).

Berikut cek kesehatan yang harus dilakukan oleh pria :

• Tes emosi
Tes emosi adalah hal pertama yang harus dilakukan oleh pria. Mengapa? Karena mereka lebih mudah terkena depresi ketimbang wanita. Serangan ini bisa ditimbulkan rasa sedih, pikiran, maupun pekerjaan yang menumpuk sehingga membuat pikiran terganggu. Konsultasikan pada psikiater, agar bisa dideteksi dan diketahui langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya.

• Tes tekanan darah
Satu lagi yang menempatkan pria di risiko yang lebih tinggi dari wanita, yakni penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah. Melakukan tes ini, bisa mencegah serangan penyakit jantung, stroke, dan ginjal. Lakukan pemeriksaan secara berkala, karena gejalanya bisa berkembang dan tidak mudah terdeteksi.

• Tes kolesterol
Jika sudah terdeteksi dari sisi tekanan darah, yang kemudian harus Anda periksa adalah kolesterol, yang memiliki hubungan dengan tekanan darah. Kolesterol yang tidak terdeteksi sebelumnya, bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit jantung, yang biasanya menyerang ketika memasuki usia 40 tahun ke atas.

• Tes lingkar pinggul
Mengetahui lingkar pinggul bagi pria adalah hal penting, karena dapat menentukan risiko penyakit pada tubuhnya. Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan lingkar pinggang adalah diabetes dan obesitas yang bisa ditentukan melalui indeks masa tubuh. Untuk itu, segeralah lakukan tes ini agar risikonya bisa ditekan.