Cek Gusi Anda, Jika Warnanya Seperti Ini, Waspada Penyakit Berbahaya

doktersehat-kesehatan-gigi-berlubang-karang

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika warna gusi di dalam mulut kita ternyata berbeda-beda? Tak hanya berwarna merah, gusi juga bisa berwarna cokelat atau bahkan sedikit kehitaman. Khusus untuk gusi berwarna hitam, hal ini kerap ditemukan pada orang-orang dari Timur Tengah atau Afrika yang memang memiliki kulit cenderung lebih gelap dan kerap mengalami hiperpigmentasi. Namun, jika warna gusi kita terlihat hitam meskipun dulunya berwarna lebih terang, ada baiknya kita mewaspadai masalah kesehatan berikut ini.

Kebiasaan merokok
Kebanyakan perokok memang memiliki gusi yang berwarna hitam, khususnya gusi bagian atas. Hal ini disebabkan oleh paparan racun dari asap rokok yang memang bisa mempengaruhi kondisi gusi kita.

Konsumsi obat-obatan tertentu
Beberapa jenis obat tertentu, khususnya yang memiliki kandungan minocycline memang bisa membuat warna gusi menjadi lebih hitam. Bahkan, kandungan ini juga bisa membuat bibir ikut menghitam.

Mengalami penyakit endokrin
Beberapa jenis penyakit endorkin layaknya Penyakit Addison, Sindrom Albright, Sindrom Nelson, dan Akromegali juga bisa menjadi penyebab gelapnya warna gusi kita.

Terkena paparan logam
Beberapa jenis logam sepeti emas, arsenik, perak, merkuri, bismuth, dan timah bisa menyebabkan gusi hitam. Biasanya, hal ini disebabkan oleh konsumsi minuman yang sudah tercemar oleh paparan logam tersebut atau obat-obatan yang mengandung logam tersebut. Tak hanya gusi yang hitam, garis gusi juga akan tampak memiliki garis berwarna hitam atau kebiruan.

Penyakit kaposi sarcoma
Penyakit ini membuat gusi dan langit-langit mulut menghitam atau bahkan mengalami luka cukup parah. Yang menjadi masalah adalah, penyakit ini seringkali terkait dengan masalah HIV.

Melihat adanya fakta ini, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter saat menemukan gusi dalam mulut kita berada dalam kondisi hitam.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik