Cegukan Ternyata Proses Alami Tubuh Melindungi Perut Kita

DokterSehat.Com – Pernahkah anda mengalami cegukan? Semua orang di dunia ini tentu pernah merasakan sensasi munculnya suara “hik” dari kerongkongan kita yang terkadang cukup menyiksa karena berlangsung cukup lama. Selain setelah makan, banyak orang yang juga tiba-tiba mengalami cegukan tanpa ada penyebab apapun. Cegukan sendiri kerap kali dianggap sebagai hal yang sepele sehingga tanpa perlu mencari tahu penyebabnya, kebanyakan orang akan langsung mencari cara mengatasi cegukan ini. Padahal, tahukah Anda, cegukan ternyata adalah sebuah proses alami tubuh untuk melindungi perut kita.

doktersehat-sesak-nafas-asma

Pakar kesehatan dari Queen University Kanada bernama Daniel Howes menuturkan jika cegukan ternyata adalah proses alami tubuh dalam mengurangi jumlah udara di dalam perut pada setiap konraksi atau sentakan yang disertai dengan bunyi “hik” tersebut. Setiap sentakan ini ternyata cukup ampuh dalam mengeluarkan udara dalam perut kita. Pendapat ini sendiri membantah pendapat Howes sebelumnya dimana Ia pernah berpikir jika cegukan akan membantu proses peristaltik pada kerongkongan yang mendorong makanan menuju lambung. Howes berujar bahwa meskipun memiliki fungsi yang mirip dengan bersendawa, dalam realitanya cegukan terjadi karena proses yang sangat berbeda.

Menurut Howes, cegukan akan memaksimalkan kontraksi dengan dada untuk membuat jumlah udara di dalam rongga perut berkurang. Hal ini berarti, asalkan tidak berlangsung dalam durasi yang sangat lama dengan frekuensi yang cukup sering, cegukan sama sekali tidak perlu dikhawatirkan. Untuk mengatasinya sendiri, kita tidak perlu obat-obatan khusus. Cukup dengan menahan nafas selama 15 hingga 20 detik, masalah cegukan akan hilang.

Sayangnya, ada beberapa orang yang mengalai cegukan dalam waktu yang cukup lama untuk segera memeriksakan kondisinya ke dokter karena cegukan ini dikhawatirkan merupakan tanda adanya masalah pada diafragma atau beberapa organ tubuh lainnya.