Cegukan Bisa Jadi Adalah Tanda Dari Masalah Kesehatan yang Berbahaya

DokterSehat.Com – Cegukan adalah sebuah hal yang normal terjadi pada setiap orang. Pakar kesehatan menyebutkan jika cegukan muncul akibat kejang yang terjadi pada diafragma. Biasanya, kondisi ini muncul jika kita kekurangan asupan air minum, mengkonsumsi makanan dengan berlebihan, makan terlalu cepat, atau bahkan mengkonsumsi makanan yang cenderung sangat pedas atau asam.

doktersehat-kanker-mulut-bau-cegukan

Biasanya, cegukan cukup jarang terjadi sehingga jika kita tiba-tiba mengalami cegukan cukup sering, maka kita harus mewaspadai akan kemungkinan munculnya penyakit kesehatan yang lebih serius, apalagi jika cegukan juga disertai dengan munculnya rasa nyeri pada dada dan banyaknya keringat pada tubuh. Sebenarnya, apa sajakah masalah kesehatan yang lebih serius yang bisa ditandakan oleh adanya cegukan?

Asam lambung
Pakar kesehatan menyebutkan jika cegukan yang terjadi terlalu sering adalah tanda akan adanya kenaikan asam lambung. Biasanya, cegukan ini disertai dengan rasa tidak nyaman pada perut dan dada yang disertai dengan sensasi layaknya terbakar pada area tersebut.

Stroke
Jangan sepelekan cegukan yang cukup sering terjadi karena ternyata dari sebuah penelitian diketahui bahwa cegukan yang terjadi dengan konstan bisa jadi adalah tanda dari munculnya penyakit stroke.

Masalah ginjal
Dengan cegukan yang terjadi cukup sering, maka ginjal pun akan mengalami tekanan besar dan bisa membuat gangguan kesehatan pada ginjal. Kita tentu harus mewaspadai hal ini.

Pneumonia
Cegukan yang terjadi cukup sering sekaligus dalam waktu yang sangat lama bisa jadi adalah tanda dari penyakit pneumonia. Waspadai akan penyakit ini apalagi jika cegukan juga disertai dengan nyeri dada dan munculnya demam.

Adanya peradangan pada saraf
Cegukan ternyata juga bisa menimbulkan tanda berupa peradangan saraf atau yang disebut sebagai neuromyelitis optica spectrum disorder. Biasanya cegukan juga disertai dengan gejala layaknya muntah-muntah, mual, hingga kaburnya penglihatan.