Cegah Tekanan Darah Tinggi Dengan Makanan-Makanan yang Enak Ini

DokterSehat.Com– Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab kematian yang paling besar di dunia. Yang menjadi masalah adalah, penyakit ini cenderung membunuh secara diam-diam dan perlahan-lahan sebelum akhirnya memicu komplikasi yang mematikan. Mengingat penyakit ini bisa memberikan dampak mengerikan, ada baiknya memang kita menjaga kesehatan tubuh demi mencegah kedatangannya.

doktersehat-hipertensi-tekanan-darah-tinggi-jantung-stroke

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Berikut adalah beberapa makanan yang efektif mencegah datangnya masalah kesehatan ini.

Pisang
Salah satu buah yang memiliki rasa yang manis dan disukai oleh sebagian besar orang ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi di pagi hari. Hal ini disebabkan oleh banyaknya nutrisi sehat dari buah pisang yang bisa menurunkan tekanan darah.

Dalam 100 gram pisang saja kita sudah bisa mendapatkan 360 miligram kalium, 2 hingga 3 kali lipat lebih banyak dari jumlah kalium pada apel dan jeruk. Adanya kalium ini bisa membantu proses pengeluaran natrium dari dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan dalam pisang juga akan merangsang produksi hormon melatonin yang bisa menjaga keseimbangan tekanan darah.

Alpukat dan apel
Tak hanya pisang, buah alpukat dan apel juga kaya akan kandungan kalium yang dikenal sebagai penurun tekanan darah yang alami. Jika kita mengkonsumsi 100 gram alpukat, maka kita bisa menemukan 720 miligram kalium. Sementara itu, kandungan kalium dalam 100 gram apel adalah 110 miligram. Jumlah kalium yang tinggi ini jika rutin untuk dikonsumsi tentu akan ampuh mencegah datangnya masalah tekanan darah tinggi.

Cokelat
Sebuah penelitian kesehatan menyebutkan bahwa konsumsi dark chocolate yang rendah gula dan lemak sejumlah 6,3 gram secara rutin selama 18 bulan akan menurunkan 2,9 mmHg tekanan darah. Meskipun terlihat kecil, penurunan tekanan darah ini bisa menurunkan resiko kematian pada penderita tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh serangan jantung hingga 8 persen dan yang disebabkan oleh penyakti arteri koroner hingga 5 persen.

Baca Juga:  Indonesia Masuk Dalam 5 Besar Negara Dengan Penderita Hipertensi di Seluruh Dunia

Mengingat makanan-makanan ini mudah untuk kita dapatkan, sering-seringlah mengkonsumsinya agar tidak mudah terkena masalah tekanan darah tinggi yang mematikan.