Cegah Resiko Diabetes Dengan Rutin Mengkonsumsi Buah Segar

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat Indonesia selain kanker dan penyakit jantung adalah diabetes. Pola makan masyarakat tanah air yang tidak sehat dan dikombinasikan dengan kecenderungan masyarakat yang malas bergerak ternyata membuat mereka lebih beresiko untuk terkena penyakit mengerikan ini. Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit diabetes?



Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menerapkan pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat untuk mencegah datangnya diabetes. Selain itu, para peneliti yang berasal dari Oxford University baru-baru ini berhasil menemukan cara yang enak dan mudah untuk menurunkan resiko terkena diabetes. Cara tersebut adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan segar. Dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan ini, resiko terkena diabetes ternyata bisa ditekan hingga 12 persen lebih rendah.

Penelitian yang dilakukan pada 500 ribu orang di China ini berhasil menemukan fakta bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi buah-buahan segar setiap harinya ternyata cenderung memiliki resiko diabetes yang sangat rendah. Pakar kesehatan dr. Emily Burns yang berasal dari Diabetes UK sendiri menyebutkan bahwa beberapa jenis buah-buahan layaknya jeruk, apel, anggur, pisang, nanas, hingga buah pir ternyata bisa kita konsumsi setiap hari demi mencegah datangnya penyakit ini. Menurut beliau, kadar gula di dalam buah-buahan ini tidak akan membahayakan kesehatan dan justru bisa memberikan manfaat besar bagi tubuh kita.

Tak hanya rutin mengkonsumsi buah-buahan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengkonsumsi sayuran hijau, melakukan olahraga dengan rutin, banyak mengkonsumsi air putih, dan lebih baik dalam mengelola stress. Dengan melakukan gaya hidup yang lebih sehat ini, maka kita pun akan lebih baik dalam mencegah datangnya penyakit diabetes yang cenderung sangat sulit untuk disembuhkan ini.