Cegah Pilek dengan Cara Ini

DokterSehat.Com– Pada musin penghujan seperti saat ini rawan sekali terkena pilek. Pilek merupakan gejala yang timbul karena Influenza. Pilek merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili orthomyxoviridae.

doktersehat-flu-pilek-infeksi-otak

Virus pilek dapat menyebar melalui udara dengan mudah. Jika Anda tidak memiliki kekebalan tubuh yang baik, maka Anda bisa terserang pilek. Demam, sakit tenggorokan, dan pusing sering menjadi gejala awal munculnya penyakit ini. Berikut beberapa cara untuk mencegah atau meredakan gejala pilek yang bisa dilakukan di musim hujan antara lain sebagai berikut:

1. Jangan lupa cuci tangan
Anda harus rajin  mencuci tangan, apalagi setelah Anda menggunakan kamar mandi atau menyentuh benda yang dianggap tidak terlalu bersih. Juga kurangi intensitas tangan untuk menyentuh wajah. Orang bisa menyentuh wajahnya sekira 20 detik sekali. Ini terdengar konyol, namun tangan merupakan tempat yang memiliki banyak kuman. Dengan mengurangi sentuhan ke mata, hidung, atau mulut akan mengurangi risiko kuman untuk masuk dalam tubuh dengan mudah.

2. Tenangkan pikiran
Bagi yang suka meditasi, teknik olah pikiran ini akan sangat membantu meredakan stres yang berarti juga bisa menangkal pilek. Pikiran yang tenang dan lebih rileks terbukti mengurangi tingkat keparahan dan lamanya serangan pilek sebanyak 35-60 persen.

3. Perbanyak minum
Cairan tubuh yang selalu terjaga akan membuat hidung dan saluran napas tetap lembab. Partikel-partikel kuman akan kesulitan untuk masuk, sehingga infeksi lebih mudah dicegah.

4. Sering berkumur
Bukti ilmiah menunjukkan bahwa kumur dengan air bersih beberapa kali dalam sehari bisa menyingkirkan kuman-kuman yang mungkin bersembunyi di mulut.

5. Minum probiotik
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa minuman probiotik bisa mengurangi lamanya serangan pilek dari rata-rata 6 hari menjadi 4 hati saja. Tingkat keparahan gejala juga berkurang 30 persen.

Baca Juga:  Kenali Ciri-Ciri Kanker Tulang

6. Makan bawang putih
Meski bau dan rasanya tidak enak, bawang putih merupakan antimikroba alami yang sangat bisa diandalkan. Memperbanyak konsumsi bawang putih akan membantu sistem imun tubuh untuk menangkal penyakit maupun menyembuhkan bagi yang sudah terlanjur kena.

7. Perbanyak vitamin D
Bukan kebetulan kalau pilek paling banyak menyerang saat matahari lebih banyak bersembunyi di balik mendung. Tubuh membutuhkan sinar matahari untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D. Tanpa vitamin D, daya tahan tubuh akan melemah.

8. Istirahatkan tubuh dan pikiran
Olahraga memang penting untuk menjaga badan tetap bugar. Namun sekali kena pilek, sangat disarankan untuk berhenti dulu sampai gejalanya mereda. Perbanyak waktu istirahat agar tubuh punya cukup energi untuk memerangi infeksi.

9. Coba ramuan herbal
Herbal asli Afrika, Pelargonium sidoides merupakan salah satu contoh ramuan untuk pilek yang cukup terkenal di seluruh dunia. Sama seperti suplemen zink, herbal ini sebaiknya juga dikonsumsi sejak hari pertama gejala pilek muncul.

10. Tambah jam tidur
Penelitian di jurnal Archives of Internal Medicine membuktikan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam/hari 3 kali lebih rentan pilek dibanding yang tidurnya 8 jam/hari. Tidur bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga pilek juga bisa mengindikasikan bahwa seseorang sedang kurang tidur.

11. Perbanyak asupan zink
Zink atau seng merupakan mineral penting yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen zink pada hari pertama merasakan gejala pilek terbukti bisa mengurangi tingkat keparahan gejala, bahkan jadi lebih cepat sembuh.