Cegah Osteoporosis Melalui Asupan Makanan dan Minuman

DokterSehat.Com – Osteoporosis adalah suatu penyakit yang dihasilkan akibat densitas/ kepadatan tulang yang hilang. Sebenarnya berkurangnya densitas/ kepadatan tulang merupakan suatu yang wajar bagi mereka yang sudah berusia lanjut tetapi beberapa orang memiliki risiko untuk kehilangan kepadatan yang jauh lebih banyak sehingga berkembang menjadi osteoporosis. Untuk mencegah terjadinya osteoporosis tersebut, kita bisa menurunkan risiko kehilangan kepadatan tulang dengan makan-makanan yang kaya akan nutrisi untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

doktersehat-susu-keju-telur

  1. Kalsium

Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang. Setiap hari tubuh menggunakan dan kehilangan kalsium, jika tubuh kehilangan lebih banyak daripada yang masuk ke tubuh maka kepadatan tulang akan hilang. Tubuh kita tidak dapat membuat kalsium sehingga kita membutuhkan asupan kalsium dari makanan yang kita makan. Susu, yoghurt, keju dan produk produk olahan susu merupakan makanan yang kaya akan kalsium.

  1. Protein

Protein merupakan nutrisi yang juga penting untuk kesehatan tulang. Ada banyak makanan yang kaya akan protein , yaitu : daging, ikan, kacang kacangan, biji bijian, produk olahan susu dan telur. Jumlah asupan protein yang baik bagi tubuh kita adalah 47 gr perhari.

  1. Nutriri-Nutrisi Lain

Vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu penyerapan kalsium dan berguna untuk mencegah kehilangan kepadatan dari tulang. Asupan vitamin D yang direkomendasikan adalah sekitar 400–800 IU untuk orang dewasa kurang dari 50 tahun dan 800–1000 IU untuk orang dewasa berusia 50 tahun atau lebih. Seseorang bisa mencukupi kebutuhan vitamin D nya jika terkena paparan sinar matahari sekitar 15 menit, ada beberapa asupan makanan yang mengandung vitamin D yaitu susu, ikan laut, telur, dan hati.

Nutrisi lain seperti magnesium, zink, besi, fluoride dan vitamin A serta vitamin C dibutuhkan untuk mencegah kehilangan kepadatan tulang. Makan beberapa macam buah-buahan dan sayur-sayuran serta daging bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi-nutrisi yang berguna untuk kesehatan tulang.