Cegah Nyamuk Masuk ke Dalam Rumah Dengan Melakukan Hal Ini

DokterSehat.Com– Musim hujan yang mulai melanda berbagai penjuru Indonesia membuat cukup banyak genangan air yang bermunculan di sekitar rumah. Hal ini bisa berimbas pada semakin banyaknya nyamuk yang membawa bibit penyakit layaknya demam berdarah. Agar kita dan anggota keluarga tidak mudah digigit nyamuk, ada baiknya kita melakukan berbagai cara berikut yang bisa mencegah datangnya nyamuk ke dalam rumah.

doktersehat-nyamuk-malaria

Memasang kawat nyamuk
Lubang sirkulasi udara yang banyak tersedia di atas pintu atau jendela sebaiknya kita pasangi kawat nyamuk agar tidak menjadi gerbang masuknya para nyamuk ke dalam rumah.

Mencegah genangan air
Pastikan untuk mencegah adanya genangan air yang ada di sekitar rumah kita. Sebagai contoh, aliran air got harus lancar, tidak ada air yang menggenang pada pot tanaman, ember, atau penampungan lainnya karena terkena air hujan, serta menutup penampungan air di dalam rumah agar tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

Kita juga bisa menaburkan bubuk abate pada tempat penampungan air demi mencegah perkembangbiakan nyamuk.

Menggunakan bahan alami
Kita bisa menggunakan bahan alami seperti serai untuk mencegah datangnya nyamuk ke dalam rumah. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu menanamnya di sekitar rumah. Aroma serai ternyata tidak disukai oleh nyamuk sehingga mereka akan cenderung tidak akan mendatangi rumah kita.

Selain serai, beberapa bahan alami lain seperti minyak essensial atau aroma terapi dengan wangi serai juga bisa kita gunakan untuk mengusir nyamuk.

Jika nyamuk sudah sangat merajalela, kita bisa menggunakan obat semprot atau elektrik. Hanya saja, obat nyamuk ini jangan digunakan dengan berlebihan karena bahan kimianya kurang baik bagi kesehatan tubuh.