Cegah Nyamuk Datang ke Rumah Dengan Tanaman ini

DokterSehat.Com– Musim hujan telah tiba. Tak hanya membuat suhu udara menjadi lebih dingin dan nyaman, musim hujan juga bisa memberikan kerugian tersendiri, khususnya dalam hal semakin banyaknya nyamuk yang ada di sekitar kita. Mengingat gigitan nyamuk bisa membawa berbagai macam bibit penyakit, ada baiknya memang kita mencegah kedatangannya. Tak hanya dengan memakai obat nyamuk, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memakai tanaman pengusir nyamuk di rumah. Apa sajakah tanaman tersebut?

doktersehat-virus-zika-nyamuk-bau-ayam-hidup-cegah-malaria

Serai wangi
Tak hanya dijadikan penyedap makanan atau minuman, serai bisa dipakai sebagai pengusir nyamuk. Karena alasan inilah cukup banyak lotion anti nyamuk yang memakai serai sebagai bahannya. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menanam serai di halaman rumah, khususnya yang dekat dengan jendela agar nyamuk tidak mudah masuk ke dalam rumah.

lavender-doktersehat
Lavender
Bunga lavender yang berwarna ungu memang memiliki rupa yang sangat cantik dan aroma yang harum. Tak disangka, aroma ini sangat tidak disukai nyamuk karena adanya zat linalool dan asetat yang memang dibenci oleh serangga ini. Kita bisa menanam lavender pada pot di dekat jendela atau pintu.

lemon balm doktersehat
Lemon balm
Lemon balm memiliki kandungan senyawa stronelal yang bisa mengusir nyamuk. Kita bisa menanamnya di area pekarangan atau halaman depan. Hanya saja, kita harus merawatnya dengan hati-hati karena pertumbuhan tanaman ini sangatlah cepat dan bisa saja tumbuh mencapai 2 meter.

Bawang putih
Kita hanya perlu mengiris bawang putih dan menempatkannya dekat dengan sirkulasi udara seperti jendela, pintu, atau lubang udara lainnya.

tapak dara doktersehat
Tapak dara
Tapak dara atau geranium memiliki kandungan geraniol dan sitronelol yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini bisa kita tempatkan di pot di dalam rumah yang tentu akan membuat nyamuk tidak betah untuk berlama-lama di dalam rumah.