Cegah Kelenjar Bengkak, Hindari Pengawet

DokterSehat.com – Pembengkakan kelenjar getah bening dapat terjadi akibat pola hidup tidak sehat. Jadi salah satu upaya preventifnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.



Dokter Klinik JMC (Jakarta Medical Center), Erin Destrini mengatakan bahwa, pola hidup sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Misalnya memperbanyak konsumsi makanan yang kaya kandungan serat. Disamping itu, konsumsi air putih pun perlu diyingkatkan.

Lebih lanjut dokter Erin Destrini  menuturkan bahwa, lonsumsi makanan sehat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari gempuran atau serangan virus.

Tak hanya itu, Anda juga diharuskan untuk menghindari jenis makanan yang mengandung zat bahan pengawet. Akan lebih baik jika sejak dini Anda juga mengurangi pemakaian penyedap rasa. Penyerap rasa dan pengawet dapat memicu timbulnya pembengkakan kelenjar getah bening. Akan tetapi faktor makanan bukan merupakan penyebab utama timbulnya pembengkakan kelenjar getah bening.

Penyebab utama penyakit pembengkakan kelenjar getah bening adalah virus, infeksi, kanker, dan radang. Tapi setidaknya jika Anda menerapkan pola makan sehat, maka daya tahan tubuh pun akan menjadi lebih kuat.

Rokok dan penggunaan obat-obatan yang banyak mempergunakan steroid juga dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Steroid atau obat kuat memang dapat menambah stamina. Tetapi tak jarang steroid justru dapat membawa efek samping yang cukup berbahaya.

Penggunaan steroid dapat menyebabkan kanker yang bisa jadi gejalanya diketahui dari adanya pembengkakan kelenjar getah bening. Para atlet adalah golongan yang paling umum mengkonsumsi steroid.

Kemampuan steroid untuk merangsang sel-sel tubuh dalam membangun sel protein baun inilah yang menyebabkan seseorang bisa merasa lebih kuat. Tetapi jangan salah, tidak sedikit steroid yang juga terkandung dalam obat-obatan lain seperti obat untuk mengobati asma dan penyakit peradangan.

Baca Juga:  Waspadai, Efek Obat Kuat Pada Pria!

Oleh sebab itu, Anda harus berberhati dalam mengonsumsi aneka jenis obat. Perhatikan dengan seksama kandungan dalam obat yang Anda beli. Jika Anda ragu, segera tanyakan pada dokter apakah obat tersebut aman untuk dikonsumsi.

Rokok juga dapat memicu terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening. Menghisap rokok dapat menyebabkan perubahan fungsi dan struktur pada saluran napas serta jaringan paru-paru. Ujung-ujungnya, bermacam penyakit paru-paru seperti TBC (tuberculosis) pun dapat muncul.

Direktur Medizone`Clinic Jakarta, Mulyadi Tedjapranata, menuturkan bahwa, perubahan pada anatomi saluran pernapasan dapat menyebabkan terjadinya perubahan fungsi paru-paru. Hal tersebutlah yang menyebabkan terjadinya penyakit obstruksi paru menahun, termasuk asma, emfisema paru-paru, dan bronkitis kronis.

Jadi jika Anda adalah seorang perokok dan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, maka bukan tidak mungkin tubuh Anda telah digerogoti penyakit paru-paru. Segera berhenti merokok dan menerapkan pola hidup sehat adalah cara efektif untuk kembali menyehatkan kondisi tubuh.