Cegah Kanker Prostat dengan Tomat dan Kedelai

DokterSehat.com – Kanker prostat menjadi salah satu momok yang ditakuti oleh banyak pria pada usia lanjut. Untuk mencegah kanker prostat menghinggapi tubuh, sebaiknya upaya pencegahan dilakukan sedini mungkin. Salah satu cara efektif mencegah pertumbuhan kanker prostat adalah dengan membiasakan diri mengkonsumsi tomat dan kedelai secara rutin.



Khasiat paduan tomat dan kedelai dalam menangkis bibit-bibit kanker prostat telah dibuktikan oleh para peneliti dari University of Illinois dan Ohio State University. Hasil riset yang dimuat dalam jurnal Cancer Preventation Research mengungkapkan bahwa konsumsi tomat dan kedelai secara bersamaan jauh lebih efektif mencegah kanker prostat jika dibanding dengan konsumsi tomat dan kedelai secara terpisah.

Riset yang melibatkan tikus sebagai responden uji coba ini menunjukkan bahwa tikus yang mendapatkan asupan serbuk tomat dan kedelai memiliki risiko terkena kanker prostat lebih rendah dibanding tikus yang hanya diberi asupan tomat atau kedelai saja. Tikus-tikus yang dilibatkan dalam riset ini telah direkayasa oleh para pelaku riset agar mampu mengembangkan suatu bentuk agresif kanker prostat.

Lebih lanjut, para pelaku riset menghimbau agar para pria dewasa mengkonsumsi tomat dan kedelai setiap minggunya dengan porsi: tomat, 3-4 sajian setiap minggu dan 2 sajian kedelai per hari. Sajian alami dari tomat dan susu kedelai akan jauh lebih berkhasiat dibandingkan sajian dalam bentuk suplemen likopen.

Ingat selalu bahwa kandungan gizi yang alami cenderung lebih efektif dalam menangkis pertumbuhan kanker. Jadi, ayo perbanyak konsumsi tomat dan kedelai untuk mencegah kanker prostat sedini mungkin!