Cegah Kanker Payudara dengan Sayur dan Buah

Doktersehat.com – Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang ditakuti wanita. Tapi, anda tidak perlu khawatir akan penyakit ini selama Anda selalu menjaga pola makan dan gaya hidup. Sebagai tindakan pencegahan atas penyakit ini, ada baiknya Anda perbanya konsumsi buah dan sayur.



Kandungan mikronutrien yang terdapat pada sayur dan buah dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara. Hasil riset menunjukkan bahwa makin tinggi kandungan mikronutrien yang dimiliki wanita maka makin rendah risiko terkena kanker payudara.

Dalam penelitian sebelumnya diketahui bahwa karotenoid merupakan nutrisi yang dapat mengurangi penyebaran kanker payudara dan menghambat perkembangan tumor. Karotenoid dapat ditemukan pada bayam, tomat, kangkung, wortel, ubi jalar, dan sayuran lain.

Hasil riset menunjukkan adanaya hubungan yang signifikan  antara tingkat karotenoid dengan risiko kanker payudara. Selain itu, nutrisi karotenoid juga dapat menghambat pertumbuhan ER-positif kanker payudara (kanker yang merespon estrogen). Oleh karena itu, konsumsilah sayur dan buah-buahan yang merupakan sumber karotenoid untuk menjaga kesehatan Anda.