Cegah Kanker Payudara dengan 3 Jenis Makanan ini

DokterSehat.Com– Mendengar saja sudah cukup menakutkan, bukan? Ya, kanker payudara adalah salah satu penyakit mematikan yang menjadi mimpi buruk bagi setiap wanita. Sebab, jenis kanker ini tidak pernah memandang usia, siapa saja bisa dijangkitinya. Selain berisiko merusak organ tubuh, kanker payudara juga terbilang sebagai penyakit mematikan yang sangat susah disembuhkan. Maka dari itu, setiap wanita harus betul-betul menjaga kesehatannya agar terhindar dari penyakit ganas ini.

payudara-doktersehat

Photo Credit : pexels.com

Sampai saat ini, banyak yang percaya jika kanker payudara didapatkan dari pola hidup yang tidak sehat, misalnya makanan yang dikonsumsi setiap hari. Padahal tak hanya itu, kanker payudara juga bisa dikarenakan hal-hal lain, misalnya kurang istirahat ataupun gejala abnormal tubuh lainnya. Nah, walau terkesan menakutkan, Anda tak perlu terlalu cemas akan penyakit ini. Pasalnya, kanker payudara juga bisa dicegah dengan beberapa jenis makanan ini.

  • Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang tergolong dalam keluarga kubis. Sampai saat ini, brokoli dipercaya sebagai sayuran anti kanker dan hal tersebut telah dibuktikan secara medis. Hebatnya lagi, brokoli juga memiliki sebuah kandungan nutrisi yang tak dimiliki sayuran lain, yaitu fitonutrien yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

  • Bawang Putih

Untuk jenis makanan yang satu ini memang sangat mudah ditemukan. Bahkan, hampir setiap masakan juga menggunakannya sebagai penyedap rasa. Tapi dibalik manfaatnya tersebut, bawang putih juga bisa digunakan sebagai pencegah kanker, khususnya kanker payudara. Hal tersebut dikarenakan bawang putih bisa menstabilkan serta meningkatkan kekebalan tubuh sehingga sel kanker tidak bisa berkembang biak di dalam tubuh.

  • Teh Hijau

Teh hijau sangat populer dan dipercaya bisa menurunkan berat badan seseorang. Teh yang sudah dijadikan obat herbal sejak ratusan tahun ini memang cukup ampuh dalam memberikan kebugaran bagi tubuh. Salah satu manfaat lain dari teh hijau juga bisa mencegah kanker. Jadi, jika Anda rutin mengonsumsi teh hijau, maka Anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Yaitu memiliki berat badan ideal serta menurunkan risiko kanker payudara.