Cegah Flu dengan Bawang Putih

Flu-Babi-Swine-Flu-doktersehat

DokterSehat.Com– Memasuki perubahan musim seperti saat ini membuat tubuh rentan terkena penyakit. Salah satu penyakit yang sering diderita orang-orang pada masa pancaroba adalah Influenza.

Influenza lebih dikenal dengan sebutan flu, penyakit ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza), yang menyerang unggas dan mamalia. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum.

Penyakit yang diakibatkan oleh virus udara ini mudah sekali menyebar dan menular. Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan kekebalan tubuh Anda agar terhindar dari influenza, demikian yang dilansir Livestrong.

Tambahan bawang putih segar dalam campuran masakan Anda, seperti sup atau lauk pauk lainnya akan sangat baik. Bawang putih dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan senyawa kimia yang disebut allicin di dalamnya dapat menawarkan manfaat antivirus, melindungi tubuh Anda dari virus influenza.

Jika tidak suka aroma bawang putih yang menyengat, Anda bisa mencoba mengonsumsi bahan makanan yang tinggi vitamin C, seperti buah kiwi, jeruk, selada air, alfalfa, stroberi, jeruk, dan nanas dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh terhadap infeksi influenza. Vitamin C juga baik untuk mencegah kerusakan hati akibat radikal bebas yang berpengaruh terhadap pembuangan zat beracun dan limbah dalam tubuh.