Cat Kuku Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan Wanita

DokterSehat.Com – Ada banyak cara yang dilakukan oleh kaum wanita untuk mendapatkan tampilan fisik yang jauh lebih baik. Menggunakan make-up tentu telah menjadi hal yang sangat wajar dilakukan mengingat make-up bisa meningkatkan tampilan dan rasa percaya diri pada wanita dengan signifikan. Selain itu, wanita juga banyak yang memperhatikan tatanan rambut atau bahkan hingga hal-hal kecil layaknya aksesoris pada beberapa bagian tubuh. Salah satu bagian tubuh yang juga diperhatikan adalah bagian kuku. Meskipun jarang diperhatikan, kuku yang dicat dengan warna-warni yang menarik ternyata juga bisa menambah rasa percaya diri wanita.

doktersehat-kuku-patah-kuteks

Sayangnya, wanita juga harus berpikir ulang dalam menggunakan produk cat kuku. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Duke University dan juga Enviromental Working Group menunjukkan fakta mengejutkan dimana cat kuku ternyata mengandung banyak kandungan berbahaya yang bisa mengganggu pertumbuhan wanita muda dan bahkan mempengaruhi tingkat reproduksi bagi wanita. Cat kuku yang dipakai dalam penelitian ini sendiri adalah yang mengandung bahan trifenil fosfat yang ternyata bisa meresap dalam tubuh dan mempengaruhi kesehatan tubuh secara langsung.

Banyak wanita, khususnya yang masih berusia remaja yang memakai cat kuku dengan kandungan endocrine disruptor dan trifenil fosfat yang berbahaya ini. Penelitian justru menunjukkan bahwa lebih dari 1.500 produk cat kuku, yang tentu saja berarti sangat besar, yang tersedia di pasaran memiliki kandungan bahan berbahaya tersebut. padahal, trifenil fosfat atau TPHP ini yang merupakan bahan cat kuku yang menjaga keawetan tampilan ini adalah bahan pembuatan plastik dan penghambat kebakaran pada furniture berbahan busa.

Selain memberikan efek buruk dimana kesehatan reproduksi dan juga perkembangan tubuh pada wanita muda bisa mengalami masalah, kandungan trifenil fosfat ternyata juga bisa mempengaruhi pengendalian berat badan dan memicu masalah obesitas. Untuk menghindari beberapa masalah kesehatan tersebut, wanita tentu harus menjadi lebih selektif dalam memilih kosmetik dan juga cat kuku yang nantinya dipakai untuk menambah cantik penampilan. Andai diperlukan, kuku yang dibiarkan secara alami asalkan rapi dan sehat juga akan membuat tampilan wanita tetap cantik dan maksimal tanpa adanya resiko terkena beberapa gangguan kesehatan tubuh.