Cat dan Debu Ternyata Bisa Berbahaya Untuk Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Rumah adalah tempat dimana kita bisa merasa aman dan nyaman untuk melakukan banyak hal. Di dalam rumah yang bersih, kita juga bisa merasa tenang karena tidak akan banyak resiko mendapatkan penyakit jika dibandingkan dengan jika kita harus pergi ke luar dimana banyak sekali debu, kotoran, hingga bakteri yang bisa saja menyerang tubuh kita kapanpun, dimanapun. Bagi ibu hamil, rumah juga menjadi tempat yang ideal untuk beristirahat dan melakukan berbagai aktivitas. Sayangnya, penemuan terakhir justru menunjukkan bahwa rumah tidak selalu menjadi rumah yang aman bagi kesehatan ibu hamil, khususnya jika rumah memiliki cat dinding yang membahayakan kesehatan.

doktersehat-sakit-pusing-hamil-eklamsia

Banyak cat yang masih menggunakan bahan volatile organic compounds. Bahan ini bisa berupa benzene atau xylene yang dapat dengan mudah menguap dan tercampur dengan udara di dalam rumah. Jika bahan berbahaya ini terdapat pada cat dinding untuk area kamar tidur atau ruang keluarga dimana ibu hamil sering melakukan kegiatan, maka udara di dalam ruangan tentu tidak lagi aman bagi ibu hamil. Ibu hamil yang menghirup udara yang tercampur dengan bahan berbahaya ini bisa jadi mengalami iritasi pada mata, gangguan pada saluran pernafasan, atau bahkan sakit kepala yang disertai dengan mual-mual. Bahkan, jika cat dinding mengandung bahan timbal, ibu hamil bisa jadi mengalami masalah layaknya keguguran atau kelahiran prematur yang bisa mempengaruhi kesehatan bayi setelah lahir.

Disamping bahan dari cat dinding yang berbahaya, jika dinding interior juga kurang dibersihkan sehingga banyak sekali debu dan kotoran yang menempel di dinding, maka udara di dalam rumah tentu akan menjadi kurang bagus sehingga saluran pernafasan ibu hamil akan terganggu. Penyakit layaknya flu dan demam juga beresiko menyerang ibu hamil dengan mudah.

Baca Juga:  Benarkah Mitos Pil Kontrasepsi Membuat Gemuk Wanita?

Kini banyak cat yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan dijamin tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Jangan terkecoh dengan harga mahal atau warna cat yang menarik jika ternyata cat tersebut justru memiliki bahan yang berbahaya. Cat yang ramah lingkungan akan membantu ibu hamil mendapatkan udara segar sehingga kandungan pun akan tetap dalam kondisi sehat dan bayi akan lahir dalam kondisi yang baik.