Carpal Tunnel Syndrome – Pengertian dan Gejala

Carpal tunnel syndrome (sindroma terowongan karpal) adalah iritasi saraf median di pergelangan tangan yang menyebabkan mati rasa, kesemutan, nyeri, dan kelemahan di tangan. Saraf median bergerak ke bawah lengan bawah dan masuk ke tangan setelah melewati terowongan pergelangan tangan (carpal tunnel) yang terletak di bagian tengah pergelangan tangan.

Carpal-Tunnel-Syndrome-doktersehat

Sindrom ini biasanya menyerang jempol, telunjuk, dan jari tengah dan seringkali sangat merepotkan pada malam hari.

Sindroma ini mempengaruhi populasi dengan presentase yang sedikit dan paling sering terjadi pada wanita paruh baya.

Setiap kondisi yang menyebabkan peningkatan tekanan langsung pada saraf median di pergelangan tangan dapat menyebabkan sindrom terowongan karpal. Banyak orang dengan sindrom terowongan karpal tidak memiliki penyebab yang dapat dikenali.

Carpal tunnel syndrome didiagnosis berdasarkan keluhan individu yang dikombinasikan dengan tes fisik dan tes elektrik. Tidak ada tes tunggal yang pasti untuk diagnosis sindrom terowongan karpal. Sebaliknya, keluhan dan temuan tes orang tersebut mengarah pada diagnosisnya.

Penyebab
Berikut ini adalah faktor risiko yang terkait dengan pengembangan sindroma terowongan karpal:

  • Kehamilan
  • Arthritis dan penyebab lain dari peradangan pada pergelangan tangan
  • Gangguan endokrin seperti diabetes dan hipotiroidisme
  • Fraktur (patah tulang) pada pergelangan tangan
  • Alkoholisme

Carpal tunnel syndrome jarang terjadi pada anak-anak. Hubungan antara aktivitas dan sindroma carpal tunnel tidak jelas. Posisi fleksi dan ekstensi pergelangan tangan ekstrim diketahui dapat meningkatkan tekanan di dalam kanal karpal dan memberi tekanan pada saraf. Kondisi ini benar-benar terjadi dengan regangan berulang pada pergelangan tangan. Intensitas, frekuensi, dan durasi aktivitas kerja dan hubungannya dengan sindroma carpal tunnel masih belum jelas.

Gejala
Berikut ini adalah gejala yang berhubungan dengan carpal tunnel syndrome. Anda mungkin dapat memiliki sindrom terowongan karpal meski Anda hanya memiliki sedikit gejala.

  • Mati rasa, sakit (biasanya rasa sakit terasa terbakar), dan kesemutan di ibu jari, telunjuk, dan jari tengah Anda
  • Kesemutan, atau terasa sakit, ketika menggerakkan lengan ke siku Anda
  • Kelemahan tangan
  • Menjatuhkan benda
  • Kesulitan merasakan dan memegang benda-benda kecil
Baca Juga:  Carpal Tunnel Syndrome - Pengobatan, Prognosis, dan Pencegahan

Gejala biasanya lebih buruk di malam hari dan kadang-kadang gejala mereda sementara dengan mengibas-ibaskan tangan Anda.

Carpal Tunnel Syndrome – Halaman Selanjutnya: 1 2 3