CaraMemilih Baju Olahraga Yang Nyaman

DokterSehat.Com – Ladies, gaya hidup sehat memang harus terus diterapkan dalam rutinitas sehari-hari. Mengapa demikian? Karena aktif bergerak juga akan mengaktifkan sistem imun tubuh sehingga Anda bisa memiliki tubuh sehat jauh dari penyakit. Salah satu rutinitas sehat yang perlu diterapkan adalah berolahraga.



Tapi terkadang permasalahan yang sering dialami saat olahraga adalah memilih pakaian untuk berolahraga, benar bukan? Yang menjadi catatan penting di sini adalah perlunya memperhatikan bahan pakaian yang tepat dan nyaman untuk bergerak.

Salah satu instruktur yoga dan pilates yang terkenal saat ini, Lisa Namuri, menjelaskan bahwa tidak ada alasan untuk tidak bergerak. Lisa menambahkan bahwa bahan yang mudah untuk bergerak dapat memudahkan Anda untuk leluasa berolahraga atau beraktifitas sehari-hari.

Sehari-hari kalau bisa kita pakai bahan yang mudah untuk bergerak. Misalnya kalau ingin pakai jeans, pakai jeans yang legging, sekarang kan banyak ya jeans legging. Jadi tidak ada alasan untuk tidak berolahraga, ungkap Lisa saat ditemui di peluncuran buku Lisa’s Movement di Wardah Store FX Senayan Jakarta Selatan Jumat 6 Februari 2015 lalu.

Berikut ini tips bagaimana memilih pakaian untuk olahraga agar nyaman :

  • Pilihlah pakaian olahraga yang sesuai dengan ukuran tubuh kita
    Jangan terlalu ketat atau terlalu longgar. Pakaian olahraga yang terlalu ketat akan membatasi gerakan kita sehingga kita tidak dapat bergerak bebas. Sebaliknya, pakaian yang terlalu longgar dapat mengganggu konsentrasi kita.
  • Pilihlah pakaian dari bahan yang dapat menyerap keringat
    Saat berolahraga tubuh banyak mengeluarkan keringat, karena itu pakaian lahraga harus dapat menyerap keringat namun tidak basah atau berat setelah menyerap keringat. Sebagian orang memiliki alergi saat berkeringat, bisa menimbulkan gatal-gatal atau kemerahan. Karena itu pemilihan bahan sangat penting untuk pakaian olahraga.
  • Pilihlah pakaian dengan bahan yang berpori
    Hal ini penting untuk  proses pendinginan pada tubuh. Ketika banyak melakukan gerakan, tubuh akan mulai mengeluarkan panas, jika panas ini tidak dapat dikeluarkan, tubuh akan sangat tidak nyaman.
  • Pilih warna-warni
    Pemilihan warna pakaian olahraga dapat mempengaruhi semangat berolahraga. Berdasarkan penelitian, pemilihan warna putih dapat menyebabkan semangat olahraga jadi kendor, jadi pilihlah warna-warna ceria. Pemilihan warna juga tergantung pada lokasi, jika kita berolahraga di luar ruangan pilihlah warna-warna cerah, warna gelap akan cenderung menyerap panas matahari.
  • Pilih pakaian olahraga yang berkualitas
    Dengan mengeluarkan biaya lebih untuk memperoleh pakaian olahraga yang berkualitas, kegiatan olahraga akan semakin nyaman.
  • Gunakan sepatu dan kaos kaki yang sesuai ukuran