Cara Yang Tepat Untuk Mencegah Stres

DokterSehat.Com – Stres bisa berakibat buruk bagi kesehatan fisik dan mental kita. Karenanya, stres yang berlebih sebaiknya dihindari, baik itu untuk golongan yang sudah lanjut usia maupun untuk anak muda. Siapa saja akan memiliki resiko terserang stres. Stres bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti tekanan kerja, tekanan keluarga, tekanan hubungan suami istri, dan lainnya. Salah satu tanda stres yang paling nyata adalah perasaan depresi. Karenanya, Anda sebaiknya mengetahui berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah stres.

doktersehat-gadget-handphone-chat-earphone

Berikut cara yang tepat untuk mencegah stres:

  • Mendengarkan musik
    Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang menenangkan dapat menurunkan tekanan darah, denyut jantung, dan kecemasan. Pilihlah lagu-lagu penyemangat, yang membuat Anda merasa bahagia, hindari lagu-lagu mellow yang hanya akan membuat Anda mengingat masalah Anda.
  • Tertawa
    Dengan tertawa lepas Anda dapat menghilangkan beban pikiran Anda. Tawa dapat menurunkan hormon kortisol, yaitu hormon pemicu stres dalam tubuh Anda. Selain itu tawa juga meningkatkan enzim endofrin yang dapat membuat efek bahagia dalam tubuh Anda. Anda dapat membaca buku cerita yang lucu seperti komik kegemaran Anda, video lucu atau mengobrol dengan orang terkasih.
  • Bersosialisasi
    Berbicara langsung dengan orang-orang terdekat Anda dapat mengurangi stres. Membicarakan hal positif akan membuat Anda merasa ringan dan terbebas dari tekanan yang membuat Anda stres.
  • Tarik nafas dalam-dalam
    Dengan menarik napas dalam-dalam akan mengcounter efek stres Anda, hal tersebut dapat menurunkan tekanan darah Anda.
  • Meditasi
    Beberapa menit latihan meditasi dapat mengurangi stres Anda. Latihan meditasi ini dapat Anda mulai dengan duduk tegak dengan kedua kaki di lantai. Tutup mata Anda. Fokuskan perhatian Anda dengan mengucapkan mantra atau kalimat positif seperti saya merasa damai atau saya mencintai diri saya sendiri. Tempatkan satu tangan di perut Anda untuk melakukan sinkronisasi mantra dengan napas Anda. Biarkan pikiran Anda melayang dengan tenang.
Baca Juga:  Jenis-jenis Makanan Yang Dapat Menghilangkan Stres

Yang perlu Anda ingat adalah, setiap masalah selalu ada jalan keluarnya. Selalu fokus pada solusi bukan pada masalahnya, maka Anda akan jauh terhindar dari stres.