Cara Yang Baik Menindik Telinga Bayi

DokterSehat.Com – Menindik telinga bayi merupakan pilihan bagi orangtua yang memiliki anak berjenis kelamin perempuan. Namun, banyak pendapat di masyarakat yang mempermasalahkan tentang apakah perlu menindik telinga anak saat masih bayi.



Akan tetapi menurut sebagian orang mengatakan menindik telinga anak sebaiknya dilakukan setelah anak sudah besar baru tetapi sebagian lain menyarankan untuk melakukan penindikan saat anak masih bayi karena hal itu lebih baik.

Mereka yang mengatakan jika menindik telinga ketika anak masih bayi lebih baik dari pada saat besar nanti karena bayi akan cepat melupakan rasa sakit dan nyeri yang dirasakan saat menindik telinga. Namun, dokter anak menyarankan untuk menindik telinga anak sebaiknya menunggu sampai anak berusia 5 atau 6 bulan. Selain itu orangtua juga harus menyadari kemungkinan masalah yang akan ditimbulkan apabila menindik telinga anak terlalu dini.

Berikut cara tindik telinga bayi yang baik :

  • Tunggulah sampai bayi setidaknya berusia 6 bulan sebelum ditindik.
  • Pastikan bayi sudah mendapatkan vaksinasi lengkap sebelum mendapat tindikan di telinganya.
  • Pastikan bayi mendapatkan bantuan untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan setelah ditindik. Bantuan yang paling efektif dan murah adalah pemberian ASI.
  • Bawalah bayi ke dokter atau ahli tindik professional untuk menghindari malpraktek.
  • Pastikan peralatan yang digunakan steril untuk keamanan kesehatan bayi.
  • Bisa juga memilih teknik penindikan seperti apa yang diinginkan, apakah menggunakan pistol tindik atau ditindik secara manual. Yang terpenting adalah media yang digunakan bersih dan steril.
  • Gunakan emas 24 karat atau anting stainless steel khusus untuk bayi  pada kali pertama memakai anting setelah ditindik. Hal ini dilakukan untuk mencegah area di sekitar tindikan terkena infeksi.
  • Membersihkan area di sekitar bekas tindikan dengan alkohol atau hidrogen peroksida untuk menghindari infeksi yang mungkin timbul adalah upaya pasca penindikan yang termasuk dalam cara yang baik menindik telinga bayi.
Baca Juga:  Kembar Siam Ini Akan Melakukan Operasi Pemisahan Meskipun Beresiko Kematian

Jadi  agar terhindar dari infeksi perlu diperhatikan kebersihan dan cara yang baik menindik telinga bayi.