Cara Untuk Menurunkan Kolesterol

DokterSehat.Com – Kolesterol merupakan senyawa lemak kompleks yang dihasilkan tubuh yaitu organ hati sekitar 80 % dan sisanya 20 % dihasilkan dari luar tubuh yaitu zat makanan yang dikonsumsi yang berfungsi antara lain untuk membentuk dinding sel. Banyak sekali dampak dan pengaruh kolesterol tinggi yang berakibat tidak baik bagi tubuh, salah satunya adalah dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya, seperti halnya stroke dan serangan jantung.



Ada banyak tips cara menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh, baik secara alami maupun dengan cara kimiawi. Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh sebaiknya dicek secara berkala, kita dapat melakukan tes pemeriksaan kadar kolesterol darah dimana dengan pemeriksaan ini akan memberikan data perkiraan kadar kolesterol yang beredar dalam sirkulasi darah sehingga kita dapat melakukan tindakan untuk mencegah terjadinya penyakit lain degeneratif seperti penyakit jantung, penyakit stroke dan berbagai macam penyakit lainnya yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Banyak  sekali tanaman yang secara turun temurun terbukti ampuh dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi maupun trigliserida darah. Karena murah dan juga mudah didapat dan juga tidak menimbulkan efek samping negatif, bahan alami semacam ini banyak direkomendasikan. Konsumsilah ramuan alami tersebut dengan komposisi dan dosis tertentu. Berikut ini beberapa tips cara menurunkan kolesterol tinggi yang dikutip dari beberapa sumber yaitu :

  • Alpukat
    Buah Alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah. Adapun cara pemakaian yaitu Buah alpukat dimakan mentah. Lakukan setiap hari.
  • Belimbing manis
    Serat belimbing yang tinggi mampu mencegah penyerapan lemak hingga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Serat yang tinggi juga memperlancar pencernaan. Sementara kandungan vitamin C-nya yang tinggi baik untuk antikanker. Untuk cara pemakaian, buah belimbing dimakan setelah makan pagi dan malam, masing-masing 1 buah.
  • Kacang tanah
    Cara Pemakaiannya daun dicuci bersih, lalu diiris halus. Masukkan irisan daun ke dalam gelas, lalu diseduh dengan secangkir air panas. Biarkan selama 40 menit, lalu disaring. Minum airnya selagi hangat dan sewaktu perut kosong. Selain kacang tanah lainnya adalah Tempe caranya adalah dengan 100 gram tempe, kemudian Tempe dipotong-potong sesuai selera, lalu direbus, dikukus, atau dibacem. Tempe dijadikan lauk dan dimakan bersama nasi.
  • Kunyit
    Kunyit berkhasiat melancarkan darah dan energi vital, menghilangkan sumbatan, sebagai peluruh kentut dan haid, mempermudah persalinan, antibakteri, antiinflamasi, serta memperlancar pengeluaran empedu ke usus. Caranya adalah 10 gram rimpang kunyit segar, kemudian Rimpang kunyit dibersihkan, lalu diiris tipis-tipis. Rebus dalam air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Lakukan hal ini 3 kali sehari, selama 12 minggu.
  • Seledri
    Seledri, akarnya mengandung asparagin, pentosan, glutamin, tirosin, manit, zat pati, lendir, dan minyak atsiri. Khasiatnya memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing. Bahannya 30 gram akar seledri segar. Akar seledri dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring lalu minum sekaligus.

Cara alami menurunkan koleterol tinggi yang terbukti efektif dan lebih praktis dalam penyajiannya adalah dengan konsumsi ekstrak teripang laut yang dikemas dalam produk Jelly Gamat. Berdasarkan hasil penelitian Jelly Gamat Gold-G terbukti efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi secara alami tanpa efek samping negatif terhadap tubuh, kandungan senyawa glikosaminoglikan yang terkandung dalam teripang sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.