Cara Untuk Menjaga Bakteri Baik Dalam Pencernaan

DokterSehat.Com – Di dunia ini ada banyak sekali jenis makhluk organik yang hidup di sekitar kita, termasuk di dalam tubuh kita yang disebut dengan bakteri. Tapi, tidak semua bakteri memberikan kontribusi positif untuk kita. Yang memberikan konstribusi negatif disebut dengan bakteri buruk, dan sebaliknya yang memberikan kontribusi positif disebut dengan bakteri baik. Agar bisa mendapatkan kualitas kesehatan yang baik, maka kita harus bisa menjaga bakteri baik dalam pencernaan dengan cara yang sebenarnya mudah sekali dilakukan, namun karena ketidaktahuan dan rasa acuh terhadap kesehatan membuat kebanyakan manusia tidak terlalu menghiraukannya.



Artikel kali ini akan membahas tentang cara menjaga bakteri baik dalam pencernaan, jika itu dilakukan maka kita sendiri yang akan merasakan manfaatnya, berupa kesehatan dan keamanan sistem pencernaan dan semua proses yang terjadi didalamnya. Oke, langsung saja kita ulas tentang cara yang dimaksud :

  • Probiotik dan prebiotik
    Orang awam pasti akan keliru menyimpulkan maksud dari dua kata yang serupa tapi tak sama ini. Probiotik adalah kandungan bakteri baik dalam susu, sedangkan prebiotik adalah senyawa dari karbohidrat seperti laktoferin, laktulosa, dan inulin yang tidak dicerna enzim pencernaan.

    Prebiotik sangat membantu tubuh dalam melakukan penyerapan kalsium, dan jika disandingkan dengan bakteri baik akan menghasilkan manfaat yang lebih baik. Oleh karena itu, menentukan probiotik dan memasukkan prebiotik dalam tubuh bisa menjadi upaya tepat dalam menjaga bakteri baik dalam pencernaan.

  • Konsumsi susu
    Banyak orang beranggapan bahwa susu hanya cocok untuk dikonsumsi oleh bayi atau balita! Anggapan itu sama sekali keliru, karena yang namanya susu adalah sebuah cairan minuman yang memiliki nilai gizi paling lengkap yang ada saat ini, tentunya tergantung jenis susu dan kadar yang dimilikinya.

    Jika selama ini Anda tidak pernah meminum susu, atau masih jarang meninumnya, maka mulailah untuk membiasakannya. Pilihlah susu yang tepat menurut Anda atau sesuai yang dianjurkan dokter. Teknologi pengolahan susu yang ada saat ini memungkinkan untuk menambahkan unsur bakteri baik dalam susu sehingga bisa memberikan dampak positif bagi yang meminumnya.

    Dengan konsentrasi bakteri baik dalam pencernaan akan bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri jahat, sehingga kesehatan bisa lebih terjaga. Jika jumlah bakteri baik lebih sedikit dibandingkan bakteri jahat, maka pencernaan kita akan mudah terganggu, tapi jika sebaliknya, maka itu akan menguntungkan untuk kita. Jadi, upaya pertama untuk menjaga bakteri baik dalam pencernaan adalah dengan menambahkan jumlahnya dengan secara rutin mengkonsumsi susu.