Cara Untuk Mengatasi Kulit Kering

DokterSehat.Com – Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis sehingga temperatur udara lebih hangat dan pancaran sinar matahari pun lebih kuat, iklim adalah faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kulit yang mengakibatkan melanin memproduksi pigmen lebih banyak sehingga kulit menjadi lebih gelap, dan kelembabannya hilang akibat terik matahari dan udara yang panas.

8

Kulit putih cerah dan lembab merupakan idaman bagi banyak wanita Indonesia. Namun, banyak diantara mereka yang bermasalah dengan kulit tubuh yang kering terutama pada saat musim kemarau atau saat sedang menjalani ibadah puasa sehingga walaupun mempunyai kulit putih tetapi bersisik, akan hilang nilai keindahannya.

berikut tips yang bisa membantu agar kulit anda tidak kering, pecah-pecah dan kasar :

  • Banyak minum air putih
    Anda pasti sudah mengetahui tentang fakta, bahwa kita harus minum air putih minimal delapan gelas sehari.  Hal ini memang benar-benar efektif untuk membantu mengatasi kulit kering Anda.  Air putih tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga membantu melembabkan kulit anda, bahkan para peneliti dibidang kesehatan menyatakan bahwa komposisi tubuh manusia, 80 % adalah air.
  • Gunakan tabir surya
    Hal penting lainnya untuk membantu mengatasi kulit kering adalah dengan memakai tabir surya sepanjang hari.  Tabir surya tidak hanya wajib dikenakan saat musim panas, tetapi juga saat musim hujan atau musim dingin.  Karena penggunaan tabir surya dimaksudkan untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultra violet.  Biasakan menggunakan tabir surya minimal setiap 1 sampai 3 jam.
  • Gunakan alat pembalut udara
    Gunakan alat ini di setiap rumah, karena akan dapat menjadi sebuah investasi besar dan pastinya alat ini dapat membantu Anda dalam mengatasi kulit kering.  Prinsip kerja alat ini adalah menambahkan kelembaban udara di dalam ruangan, dan pada akhirnya juga berguna untuk memberikan kelembaban tersendiri pada kulit Anda.
  • Hentikan kebiasaan merokok
    Kebiasaan merokok disinyalir sebagai salah satu faktor penyebab kulit kering.  Kandungan nikotin pada rokok dapat mempersempit pembuluh darah yang membuat kulit menjadi semakin sulit memperoleh nutrisi yang dibutuhkan.
  • Hindari perawatan beralkohol
    Kurangi penggunaan bahan yang mengandung alkohol pada produk perawatan wajah maupun kulit Anda.  Alkohol dapat membuat kulit menjadi semakin kering dan bersisik.  Alkohol juga bertanggungjawab akan hilangnya kelembaban kulit karena mengangkat minyak yang berfungsi sebagai pelembab alami.
  • Mandi air dingin
    Mandi di malam hari sepulang dari berkativitas, tentu bisa membantu untuk membuat pikiran serta tubuh menjadi lebih rileks.  Namun penggunaan air hangat justru dapat memecahkan hambatan lemak yang mengakibatkan kulit rentan kehilangan kelembaban.  Oleh sebab itu jangan terlalu sering mandi dengan menggunakan air hangat.
Baca Juga:  Manfaat kesehatan teh hitam yang jarang diketahui

Semoga artikel ini bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi Anda.